11/10/18

Cara Sharing Printer Windows 7, 8, 10 Mudah dan Lengkap

Sharing printer merupakan metode untuk berbagi penggunaan printer dengan beberapa komputer dalam suatu jaringan baik LAN maupun Wifi. Pada artikel ini angops akan membahas secara detail langkah demi langkah melakukan sharing printer pada windows 7, 8 dan 10, bahkan bisa diterapkan untuk windows XP karena caranya tidak jauh berbeda.

Metode ini sangat menghemat penggunaan printer dan memudahkan pekerjaan dalam sebuah perusahaan dan perkantoran.

Mari simak cara melakukan sharing printer di windows langkah demi langkah dibawah ini.

Langkah Melakukan Sharing Printer Windows 7, 8, dan 10

1. Supaya printer digunakan secara bersamaan hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengaktifkan File and Printer Sharing di Windows. Silahkan buka Control Panel > Network and Internet.



2. Pada Network and Internet, terus pilih Network and Sharing Center.



3. Kemudian pilih Change advanced sharing settings.



4. Kemudian aktifkan Turn on file and sharing settings, dengan mengaktifkan fitur ini maka orang lain dapat mengakses printer dan file yang kamu sharing asalkan masih dalam satu jaringan.



5. Selanjutnya klik tanda panah ke bawah pada All Network, kamu bisa aktifkan pasword untuk melindungi komputer yang di sharing atau membiarkannya.



6. Dan pilih Turn off password protected sharing, bila tidak ingin di password agar lebih mudah dan simpel.



7. Sampai tahap ini sebenarnya File and printer sharing telah berhasil diaktifkan. Silahkan buka lagi Control Panel > Hardware and Sound > View Device and Printers.



8. Pada tahap ini kamu bisa memilih printer yang akan di sharing (bila lebih dari satu printer), klik kanan printer yang akan di share dan pilih See wat's printing.



9. Klik menu Printer kemudian Sharing.



10. Aktifkan fitur Sharing pada Properties dengan cara pilih tab Sharing dan klik tombol Change Sharing Options.



11. Kemudian ceklis Share this printer dan berilah nama printer yang akan di sharing ke pengguna lain, usahakan yang singkat dan jelas untuk memudahkan pengguna lainnya.



12. Pada tahapan ini kamu telah berhasil melakukan sharing printer di windows dalam satu jaringan yang sama.

Setelah itu tinggal cara mengakses printer yang telah di share ke pengguna lain seperti langkah berikut ini.

Cara mengakses dan menggunakan printer yang di sharing.


Metode sharing printer ini menggunakan IP address, sehingga kamu bisa mengakses printer yang di sharing dengan menggunakan IP komputer tersebut atau bisa melihat pada bagian Network untuk melihat perangkat lain yang di bagikan penggunaannya.

1. Ketikan IP komputer yang melakukan sharing pada Windows Explorer, misalnya 192.168.10.20 dan enter. Atau klik Network pada Quick Accsess pada bagian sebelah kiri.



2. Kemudian pilih dan klik kanan printer yang di share, terus pilih Connect. Tunggu sampai komputer dan printer terhubung dengan baik.

3. Jika telah terhubung, maka kamu sudah bisa menggunakan printer untuk print dokumen dan lainnya.

Demikianlah proses melakukan sharing printer dan cara mengaksesnya pada windows 7, 8, 10, serta pada windows XP. Cukup mudah dan tentunya lebih hemat biaya dan praktis untuk diterapkan di perkantoran.