07/11/18

Erorr Saat Masuk Email Gmail di Ponsel Android? Ini Solusinya



Buat kamu pengguna smartphone android tentu menggunakan gmail, hal ini karena saat ini gmail sudah terintegrasi dengan android sehingga gmail biasanya sudah terpasang sejak awal pembelian smartphone. Namun terkadang banyak orang yang mengalami error saat masuk email gmail, sehingga tidak bisa membaca pesan masuk dan lainnya.

Terdapat banyak sebab saat tidak bisa masuk email, yang mengakibatkan permasalahan sering terjadi seperti tidak bisa sinkronisasi antara Gmail dan android, email dibuka tidak bisa, masalah layanan GooglePlay, dan permasalahan lainnya.

Cara Mengatasi Error Masuk Email Gmail di Android


Dalam mengatasi error saat masuk email pada Gmail yang akan dibahas ini, dapat diterapkan di semua smartphone. Sehingga kamu tidak perlu kawatir kesulitan mengikuti cara ini, seandainya ada perbedaan paling hanya sedikit saja.

Baiklah mari kita bahas langsung bagaimana cara mengatasi error saat akses email dari Gmail pada android.

1. Login Ulang Gmail


Cara pertama ini cukup mudah dan sederhana untuk melakukannya, tapi cukup ampuh mengatasi error saat kamu menggunakan email.

Yaitu cukup dengan melakukan login ulang akun gmail. Jika kamu dalam kondisi masih login maka logout terlebih dulu beberapa saat (10 detik sampai 1 menitan) kemudian masuk lagi ke email kamu. Jika berhasil maka email gmail dapat digunakan lagi dengan normal.

Biasanya cara login ulang ini berhasil mengatasi error pada beberapa kasus di gmail. 

2. Restart Ponsel


Terkadang ponsel yang terlalu lama digunakan untuk kegiatan multitasking akan mengakibatkan memori terbebani dan membuat ponsel lemot atau bahkan hang.

Kejadian ini juga berimbas pada aplikasi yang terinstal pada smartphone kamu, termasuk gmail. Me-restart ponsel biasanya bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasinya. 

Cobalah reboot / restart smartphone mu dan coba buka ulang aplikasi gmail, biasanya sudah dapat berjalan normal lagi.

3. Menghapus Cache


Cara keitga untuk mengatasi error aplikasi Gmail yaitu dengan membersihkan cache.

Cache pada sistem android dapat mempercepat kinerja aplikasi yang terinstal, karena didalamnya menyimpan file sementara. Namun jika file-file sementara terlalu banyak juga bisa menyebabkan error, termasuk juga pada aplikasi Gmail-mu.

Oleh karena itu menghapus cache pada aplikasi Gmail bisa menjadi solusi mengatasi error yang terjadi.

Untuk menghapus cache aplikasi Gmail bisa dilakukan dengan cara, masuk ke Pengaturan (setting) > Aplikasi (Installed apps) > Gmail > scroll ke bawah Hapus cache (Clear cache).

Setelah menghapus cache, kamu bisa coba buka kembali Gmail pada ponsel jika berhasil maka akan berjalan seperti biasanya.

4. Force Stop Aplikasi Gmail


Dalam menggunakan ponsel biasanya kita sering membuka banyak aplikasi secara langsung tanpa menghentikannya satu per satu, hal ini tentu membebani ponsel. 

Kemungkinan kamu tidak bisa mengakses email juga bisa disebabkan oleh hal ini, aplikasi Gmail telah lama berjalan dilatar belakang.

Kamu bisa coba untuk menghentikan aplikasi Gmail secara paksa (force stop) untuk mengatasi masalah ini.

Cara melakukannya yaitu masuk ke Pengaturan (setting) > Aplikasi (Installed apps) > Gmail > scroll ke bawah Force stop (Paksa berhenti).

Tunggu 10 detik sampai 30 detik, kemudian buka aplikasi Gmail lagi. Biasanya cara ini bisa membantu memuluhkan masalah pada Gmail.

5. Menghapus Data Gmail


Seperti halnya cache, data aplikasi yang menumpuk terlalu banyak juga dapat menyebabkan masalah pada aplikasi yang terinstal di android termasuk Gmail.

Data aplikasi ini berbeda dengan cache, yaitu berupa info akun atau pengguna yang tersimpan di aplikasi yang terinstall pada android.

Dengan menghapus data aplikasi biasanya juga dapat membuat aplikasi yang bermasalah bisa kembali normal, coba hapus data aplikasi Gmail mu siapa tahu bisa menyelesaikan permasalahan yang ada.

Silahkan masuk ke Pengaturan (setting) > Aplikasi (Installed apps) > Gmail > scroll ke bawah Hapus Data (Clear Data).

Setelah menghapus data pada Gmail kamu perlu login untuk bisa masuk ke email, karena data login sebelumnya telah hilang.

6. Meng-update Aplikasi Gmail


Aplikasi yang telah lama tidak di update biasanya sering membawa masalah, begitu juga dengan Gmail.

Hal ini karena developer aplikasi selalu melakukan pembaharuan pada produk yang mereka buat untuk meningkatkan kinerja maupun fitur-fiturnya. Begitu juga dengan Gmail dan produk-produk lain milik Google selalu diperbaharui secara berkala.

Silahkan kamu cek pembaharuan aplikasi Gmail melalui Google Play untuk melihat apakah sudah tersedia? jika sudah maka lakukanlah update aplikasi Gmail.

Dengan melakukan update biasanya dapat mengatasi error pada Gmail baik karena faktor bug maupun yang lainnya.

7. Coba Aplikasi Email Lain


Cara ini merupakan alternatif terakhir untuk mengatasi permasalahan email kamu, yaitu dengan menggunakan aplikasi email client selain Gmail.

Banyak aplikasi email lain yang bisa kamu gunakan untuk berkirim maupun menerima email, dan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan email lainnya. Beberapa aplikasi email selain Gmail diantaranya:

Aqua Mail
Best Email
Blue Mail
Easy Mail
myMail
dan yang lainnya.

Semua aplikasi diatas mendukung email dari Gmail, Yahoo, Outlook, Yandex mail dan lainnya. Karena mendukung email dari Gmail, maka kamu bisa login menggunakan akun Gmail dan bisa menerima pesan maupun berkirim pesan menggunakan aplikasi tersebut.

Bagaimana menurutmu? cukup mudah namun terbukti dapat mengatasi permasalaham Gmail kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.