Ganti Password Gmail Secara Berkala Demi Keamanan Akun Anda - ANGOPS

Ganti Password Gmail Secara Berkala Demi Keamanan Akun Anda

cara-ganti-password-akun-gmail-angop

Mengganti password gmail secara rutin sangat penting dilakukan. Mengingat gmail merupakan akun utama agar kita bisa menggunakan layanan gratis yang disediakan Google, mulai dari buat blog di blogspot, Google Drive, Google Docs, buat akun Youtube, dan yang lainnya.

Selain itu, untuk mendaftar diberbagai media sosial seperti FB, Instagram, Tewitter, forum, dan website lainnya juga membutuhkan akun gmail. Dan apa bila kita melupakan password gmail, tentu kita juga tidak akan bisa mengakses akun medsos, dan akun lain yang di daftarkan dengan akun gmail.

Mengingat begitu pentingnya akun gmail, sangat disarankan untuk selalu meng-update-nya secara berkala.

Nah, buat kamu yang belum mengganti password gmail lebih baik segera ganti sekarang juga. Sehingga akun gmail kamu tetap aman dan terjaga.

Untuk merubah passord gmail sebetulnya cukup mudah, namun buat kamu yang belum tahu caranya bisa baca panduan lengkapnya di artikel ini.

Merubah Kata Sandi Gmail di Ponsel Android


Memperbarui kata sandi gmail dapat dilakukan melalui smartphone maupun lewat PC. Dan langkah pertama ini dilakukan menggunakan ponsel di perangkat android.

Cara ini sangat cocok buat kamu yang jarang menggunakan PC / Laptop dalam kesehariannya.

1. Silahkan buka link https://accounts.google.com/EditPasswd menggunakan browser di ponsel kamu, dan masukan password lama untuk login.

2. Setelah muncul halaman edit password, silahkan kamu isi password baru (New password) dan Konfirmasi password baru (Confirm new password).

ganti-password-gmail-di-android-angops


3. Ketuk tombol Ganti Password (Change Pasword) yang berwarna biru dan ikuti prosesnya sampai akhir. Maka kata sandi gmail kamu sudah diperbarui.

Baca juga: Cara Logout Akun Gmail dari Browser Chrome di Android

Merubah Kata Sandi Gmail di Komputer


Cara yang kedua ini cocok untuk kamu yang kesehariannya menggunakan Laptop / PC. Dan cari ini sebetulnya juga sama dengan cara merubah password gmail melalui smartphone.

1. Silahkan ketikan URL https://accounts.google.com/EditPasswd menggunakan browser di PC / laptop kamu, dan masukan password lama untuk login gmail.

2. Setelah muncul halaman edit password, silahkan kamu isi password baru (New password) dan Konfirmasi password baru (Confirm new password).

ubah-kata-sandi-gmail-di-pc-angops


3. Klik tombol Ganti Password (Change Pasword) yang berwarna biru dan ikuti prosesnya sampai akhir. Maka kata sandi akun gmail kamu sudah diperbarui.

Baca juga: Cara Logout Gmail Di Android

Tips Saat Memperbarui Kata Sandi Gmail


Beberapa tips berikut ini cukup bagus untuk kamu lakukan saat ingin mengganti passwod email lama dengan yang baru.

1. Sebaiknya gunakan kombinasi huruf besar kecil dan angka untuk password yang kuat, serta tidak terlalu pendek. Hindari penggunakan nama kamu, tanggal dan tahun lahir, nama binatang kesayangan atau yang lainnya karena sangat rentan dan mudah ditebak.

2. Sebaiknya tidak menulis kata sandi baru ditempat tertentu, dikertas atau yang lainnya. Update secara berkala password baru kamu, minimal sebulan sekali untuk keamanan.

3. Jika perlu gunakan layanan notifikasi 2 tahap melalui SMS ke nomer ponsel bila kamu rasa akun gmail kamu sangat penting.

Proses yang cukup mudah dan sebentar, oleh karena itu jangan sampai kamu lupa kata sandi dan kehilangan akun gmail hanya karena malas mengganti password gmail.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda