Cara Cek IP Laptop: 3 Metode Mengecek IP Address PC - ANGOPS

Cara Cek IP Laptop: 3 Metode Mengecek IP Address PC

Bagaimana cara mengecek IP Address pada sebuah laptop atau PC? Simak pembahasannya secara lengkap dan jelas dalam panduan ini.

IP address pada sebuah laptop atau komputer dan perangkat lain seperti HP merupakan protokol yang digunakan perangkat tersebut untuk bisa terhubung ke internet. Untuk cara cek IP laptop bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Cara Cek IP Laptop


Cara melihat atau mengecek IP address dalam panduan ini dilakukan pada sistem Windows, dan bisa dilakukan di berbagai merek laptop karena tidak jauh berbeda. Selengkapnya seperti berikut.

Mengecek IP Address Laptop Lewat CMD


Metode pertama untuk melihat IP laptop yang mudah adalah menggunakan Command Prompt. Cara melakukannya dengan pencet tombol kombinasi Windows + R, > kemudian akan muncul jendela RUN. Pada kolom isian RUN ketikan CMD, maka akan muncul jendela Command prompt (umumnya berwarna hitam, ada juga yang biru).

cara-cek-ip-laptop-cmd


Pada Command promot ketikan perintah "ipconfig" dan tekan tombol Enter untuk eksekusi. Setelah itu akan terlihat informasi IP address laptop di jendela Command prompt tersebut.

Cek IP di Laptop Lewat Network and Sharing Center


Silahkan buka Control Panel > kemudian pilih Netword and Sharing Center > kemudian pada Network yang aktif klik > akan muncul jendela network connection yang aktif klik Details. Setelah itu, informasi tentang IP address laptop bisa dilihat secara lengkap pada jendela Network Connection Details tersebut lengkap dengan IPv 6, Gateway, Subnet mask, dan informasi lainnya.

Cek IP Address PC dan Laptop Lewat Website


Selain dengan kedua cara di atas, pengguna laptop juga bisa mengecek IP addres yang ada diperangkat mereka melalui Website cek IP.

Terdapat banyak situs cek IP address, tapi di sini Angops menggunakan situs https://www.ipaddress.com/ untuk melihat IP laptop. Caranya juga sangat mudah, kalian hanya perlu mengakses situs tersebut dan nomor IP address laptop kalian akan otomatis ditampilkan di halaman utama situs.

Selain situs IPAddress.com ada juga situs lain yang sama fungsinya untuk mengecek nomor IP perangkat komputer atau PC yaitu https://whatismyipaddress.com/. Cara mengecek IP dengan situs ini juga sama saja, pengguna hanya perlu mengakses situs tersebut dan nomor IP laptop yang digunakan akan ditampilkan.

Nah, itulah langkah mudah cara cek IP laptop ataupun PC. Jangan lupa bagikan artikel ini ke rekan dan temanmu di media sosial agar lebih bermanfaat.

Selamat mencoba.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda