25/04/19

Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Dengan 3 Langkah Mudah



Apple telah menyiapkan berbagai alat yang berguna untuk menampilkan seberapa banyak daya tahan baterai yang tersisa di iPhone Anda, serta  aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai.

Namun, tidak satu pun dari alat-alat ini yang benar-benar memberi tahu Anda tentang kesehatan jangka panjang baterai Anda, yang sama pentingnya. Lalu bagaimana cara cek kesehatan baterai iPhone?

Sebelum itu, mari ketahui beberapa hal berikut ini.

Kesehatan Baterai vs. Daya Tahan Baterai


Kesehatan baterai berbeda dari usia baterai. Masa pakai baterai menentukan berapa lama baterai Anda bertahan dengan sekali pengisian daya, tetapi kesehatan baterai menentukan berapa lama masa pakai baterai Anda berkurang dari waktu ke waktu.

Setelah satu tahun, masa pakai baterai Anda tidak akan selama seperti saat ponsel masih baru, dan akan terus menurun seiring berlalunya waktu.

Terdapat dua metrik pada iPhone untuk melihat gambaran kesehatan baterai Anda. Yang pertma, saat dalam kondisi penuh berapa lama baterai dapat bertahan. Yang kedua, berapa lama waktu untuk mengisi baterai sampai penuh.


Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone Melalui Pengaturan


Untuk pengguna iPhone lama yang tidak bisa update ke iOS 11.3, lanjutkan ke bagian berikut di bawah ini, tetapi jika Anda saat ini menggunakan iOS 11.3 dan memiliki iPhone 6 atau yang lebih baru, maka dapat mengecek kesehatan baterai iPhone lewat menu pengaturan.



  1. Buka menu Pengaturan, dan kemudian cari Battery > Battery Health
  2. Dari sana, Anda akan melihat persentase di samping "Maxsimum Capacity",  semakin tinggi persentasenya, semakin baik kondisi baterai Anda.


Apple mengatakan mereka merancang baterai iPhone mereka sehingga baterai harus mempertahankan sekitar 80% dari kapasitasnya setelah 500 pengisian daya.

Jadi jika baterai iPhone Anda dibawah 80% maka bisa dikatakan sudah tidak sehat lagi.


Cara Cek Kondisi Baterai iPhone Menggunakan Aplikasi


Cara kedua yang bisa dilakukan untuk cek kondisi baterai iPhone Anda yaitu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa anda unduh di App store secara gratis, di artikel ini Angops menggunakan Battery Life Doctor.

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Battery Life Doctor, silahkan Anda buka aplikasi tersebut.



Perhatikan pada menu Batteray Life, klik Detail untuk melihat grafik.

Pada layar terlihat grafik bundar yang akan menginformasikan kondisi baterai iPhone Anda menggunakan kata-kata "Perfect", "Good", "Bad" dan lainnya.

Nilai persentase pada "Wear Level" menunjukan penurunan kesehatan baterai iPhone Anda. Jadi jika Wear level-nya 13%, maka kesehatan baterai Anda adalah 87%.


Cara Cek Baterai iPhone Menggunakan Laptop / PC


Nah cara cek baterai iPhone yang ketiga adalah menggunakan Laptop Mac. Anda tetap membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek baterai iPhone Anda, yaitu menggunakan aplikasi coconutBattery.



Setelah download dan menginstalnya, buka dan jalankan coconutBattery. Sebelumnya Anda harus menghubungkan perangkat iPhone Anda ke Mac Book terlebih dulu menggunakan kabel USB atau Wi-Fi.

Pilih iOS Device, maka akan terdeteksi perangkat iPhone Anda lengkap dengan informasi mengenai versi dan baterainya.

Jika nilai pada Design Capacity sebesar 92,5% (1624 mAh), sedangkan Full Charge Capacity 87,1% (1502 mAh), ini menunjukan bahwa kesehatan baterai iPhone telah terdegradasi sebanyak 5,4% atau 122 mAh.

Demikian bagaimana cara cek kesehatan baterai iPhone menggunakan berbagai cara yang bisa dipraktikan untuk mengetahui kondisi baterai Anda.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman jika baik menurut Anda.