27/06/19

Aplikasi Pinjam Uang Online Terpercaya & Terbaik, Apa Saja Cirinya?

aplikasi-pinjam-uang-online-angops


Pinjam uang online saat ini telah menjadi solusi bagi sebagian orang yang sedang membutuhkan uang.

Tak heran, banyak orang yang sudah mencoba menggunakan layanan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Faktor kemudahan adalah yang utama mengapa orang menggunakan jasa ini, dengan dukungan aplikasi pinjam uang online yang mereka berikan.

Namun benarkah pinjaman online ini betul-betul aman dan terpercaya?

Mungkin sebagian pembaca pernah mendengar bahwa tidak sedikit orang yang diteror dan kejar-kejar oleh penyedia pinjaman online seperti ini.

Oleh karena itu, selektif dan berhati-hati menggunakan jasa pinjaman uang online adalah faktor utama dan sangat penting.

Ciri-ciri Aplikasi Pinjam Uang Online Terpercaya Dan Aman


Jika Anda sedang membutuhkan uang dan memutuskan untuk menggunakan salah satu jasa penyedia pinjam uang online, maka sangat penting mengetahui ciri layanan yang terpercaya dan aman.

Penyedia pinjaman online yang terpercaya tentu akan menyediakan aplikasi pinjaman uang online yang aman. Pilihlah penyedia yang memiliki kriteria sebagai berikut.

1.  Peyedia pinjaman online terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan / OJK


Sebelum menetukan pilihan aplikasi peminjaman online yang akan digunakan sebaiknya periksa terlebih dulu lembaga keuangan tersebut, pastikan terdaftar di OJK.

Berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan rayuan bahwa aplikasi peminjaman online yang kamu temukan telah terdaftar di OJK.

Karena pihak OJK selalu melakukan pembaruan daftar lembaga keuangan / perusahaan fintech yang resmi dan tidak resmi secara rutin.

Kamu bisa menghubungi OJK langsung melalui call center mereka di nomor 157, tanyakan pada customer service tentang setatus lembaga keuangan yang kamu temukan.

Atau kunjungi situs resmi OJK untuk melihat daftar lembaga pinjaman online yang legal dan ilegal di link daftar fintech resmi OJK.

2. Memiliki kantor fisik, alamat, nomor telpon, dan email yang jelas


Sebaiknya tidak memilih aplikasi dari lembaga pinjaman online yang tidak memiliki kantor fisik sebagai tempat operasional.

Disamping itu, pastikan alamat, nomor telepon, dan email penyedia peminjaman uang online juga jelas serta bisa dihubungi.

Lembaga yang resmi dan profesional tentu memiliki situs resmi yang bagus dan menyertakan alamat kantor, nomor telepon, dan email resmi perusahaan.

Jika email masih menggunakan layanan gratisan seperti email dari Google atau Yahoo sebaiknya di abaikan saja.

Atau jika mendapat tawaran pinjaman melalui pesan singkat seperti lewat Whatsapp dan SMS, lebih baik juga di abaikan. Besar kemungkinan penyedia pinjaman itu adalah ilegal.

3. Memiliki mekanisme pinjaman yang trensparan


Seorang debitur (pihak yang berhutang) berhak mengetahui prosedur pinjaman yang diberikan oleh penyedia pinjaman.

Hal ini karena transparasi atau keterbukaan mengenai prosedur pinjaman di wajibkan oleh OJK untuk setiap perusahaan fintech.

Pinjaman uang online terpercaya menyediakan informasi yang lengkap mengenai persyaratan layanan, ketentuan pinjaman, dan kebijakan privasi yang harus ditaati.

Dengan mengetahui ketentuan dan risiko dari transaksi tersebut, seorang peminjam tidak akan merasa dirugikan.

4. Aplikasi peminjaman memiliki sistem seleksi calon debitur yang baik


Pastikan aplikasi pinjaman yang akan kamu gunakan memiliki sistem seleksi yang baik menggunakan Sistem Layanan Informasi Keuangan / SLIK dari OJK.

Jika menemukan aplikasi peminjaman online yang mudah meloloskan calon debitur, tentu karena tidak memiliki sistem seleksi yang baik.

Sebaiknya tinggalkan dan jangan digunakan.

5. Bunga yang dikenakan tidak memberatkan / masih wajar


Dalam operasionalnya aplikasi pinjaman uang online terpercaya biasanya memiliki biaya layanan dan diberitahukan pada debitur sebelum pengajuan.

Selain itu, perhatikan nilai bunga yang dikenakan oleh penyedia pinjaman online. Pastikan bunga masih dalam batas wajar atau tidak jauh dari bunga pinjaman di bank.

Kamu bisa membandingkan dengan bunga di bank, biasanya bank mengenakan bunga 0,7% sampai 2% per bulannya. Jika bunga yang dikenakan pinjaman online lebih dari batas wajar bunga pinjaman di bank, sebaiknya abaikan saja.

6. Mendapat review positif dari pengguna


Review dari pengguna yang sudah dulu menggunakan akan sangat membantu kamu dalam menilai keamanan aplikasi peminjaman online.

Jika mendapat banyak review positif maka penyedia kredit online tersebut memang terpercaya, jika reviewnya buruk sebaiknya tinggalkan.

Sebelum mendownload aplikasi pinjaman uang online, sebaiknya kamu cek komentar orang di kolom komentar AppStore atau di Google PlayStore.

Laporkan segera pihak atau orang yang melakukan teror pinjaman online, jika kamu termasuk orang yang menjadi korban maka bisa melaporkanya ke OJK dengan melampirkan bukti-bukti pendukung ke link Form Pengaduan OJK.

Daftar perusahaan fintech resmi OJK Per 31 Mei 2019




Demikianlah ciri-ciri aplikasi pinjam uang online terpercaya dan aman yang bisa Angops berikan. Jangan lupa bagikan ke teman dan kerabat agar terhindar dari penipuan pinjaman online.