23/07/19

Bahasa Pemrograman C, Kelebihan dan Kekurangannya !

bahasa-pemrograman-c-kelebihan-dan-kekurangannya


Bahasa pemrograman C adalah bahasa yang sangat portabel. Jadi, program C yang ditulis untuk satu komputer dapat dengan mudah dijalankan di komputer lain tanpa perubahan atau dengan melakukan sedikit perubahan.

Bahasa C memiliki berbagai tipe data dan operator yang kuat. Sehingga program yang ditulis dalam bahasa C efisien, cepat dan mudah dimengerti.

Kelebihan Bahasa Pemrograman C


Tersetruktur

Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman terstruktur. Sangat membantu untuk memikirkan masalah dalam hal fungsi modul atau blok. Koleksi modul ini membuat program yang lengkap, struktur modular ini membuat program debugging, pengujian dan pemeliharaan lebih mudah.

Bahasa pemrograman C adalah blok bangunan untuk banyak bahasa lain yang dikenal saat ini. Python adalah bahasa pemrograman Level Tinggi Berorientasi Objek sepenuhnya, Ia ditulis dalam bahasa C (mungkin C ++ juga).

Fleksibel dan kaya library 

Bahasa C memiliki kemampuan untuk memperluas sendiri, Ini adalah kumpulan fungsi yang didukung oleh perpustakaan C ini membuat kita lebih mudah untuk menambahkan fungsi kita sendiri ke perpustakaan C, Karena ketersediaan sejumlah besar fungsi, tugas pemrograman menjadi sederhana .

Bahasa C adalah bahasa yang dikompilasi bukan bahasa yang ditafsirkan. Secara sederhana, kode program C menjadi sebuah instruksi yang dapat dieksekusi untuk menjalankannya, bukan sekedar diterjemahkan dengan cepat pada saat run time. Fitur ini sangat mendukung kecepatan program C dan banyak perpustakaan yang ditulis dalam C.

Bahasa pemrograman yang populer

Bahasa C adalah bahasa yang sangat populer di seluruh dunia dan paling cocok untuk programmer untuk belajar pada tahap pertama pemrograman, Tidak ada banyak kosakata untuk dipelajari, bahasa C memiliki sintaks yang mudah dan lebih mudah dipelajari, Masih merupakan bahasa praktis dan ringkas dan terdiri dari semantik yang baik.

Mudah dipelajari

Bahasa pemrograman C mudah dipelajari ( Sintaksnya dekat dengan Bahasa Inggris), sintaksis bahasa C sangat mudah dimengerti. Menggunakan kata kunci yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyampaikan makna atau mengambil keputusan.

Bahasa C sangat dekat dengan pemrograman perakitan, penggunaan pointer sulit misalnya adalah mekanisme yang sangat kuat, Ini adalah fitur yang memungkinkan programmer untuk mengatur program dengan cara yang jelas, mudah, logis.

Manipulatif dan Fleksibel

Bahasa C memungkinkan nama-nama yang bermakna untuk variabel tanpa kehilangan efisiensi. Jadi, bahasa C memberikan kebebasan penuh gaya pemrograman, termasuk cara yang fleksibel untuk membuat keputusan dan serangkaian perintah fleksibel untuk melakukan tugas secara berulang.

Bahasa prosedural

Bahasa pemrograman C adalah bahasa berorientasi prosedur. Jadi, Pengguna membuat prosedur atau fungsi untuk menjalankan tugasnya. Bahasa berorientasi prosedur sangat mudah dipelajari karena mengikuti algoritma untuk mengeksekusi pernyataan Anda.

Untuk mengembangkan program menggunakan bahasa berorientasi prosedur, Anda perlu menggambar / menyiapkan algoritma dan kemudian mulai mengubahnya menjadi prosedur atau fungsi.

Memiliki banyak fungsi program, dan bisa menambahkan fungsi sendiri

Bahasa pemrograman C menawarkan banyak fungsi yang terdiri dari fungsi yang dihasilkan sistem dan fungsi yang ditentukan pengguna. C Compiler dilengkapi dengan daftar file header yang terdiri dari banyak fungsi umum yang dapat digunakan untuk mengembangkan program, sementara programmer dapat membuat fungsi sesuai persyaratan mereka yang disebut sebagai fungsi yang dihasilkan / didefinisikan pengguna.

C compiler menghasilkan kode mesin sangat cepat dibandingkan dengan kompiler bahasa lainnya, C compiler dapat mengkompilasi sekitar 1000 baris kode dalam satu atau dua detik, Satu lagi manfaat dari C Compiler adalah ia juga mengoptimalkan kode untuk eksekusi yang lebih cepat.

Portable

Bahasa pemrograman C adalah portable, pengaturan Bahasa C sekitar 3-5 MB. Jadi, sangat mudah untuk menginstal dan mengoperasikannya. Outputnya adalah file exe yang dapat dieksekusi di komputer mana pun tanpa kerangka / perangkat lunak lain.

Bahasa pemrograman C memiliki tingkat abstraksi yang rendah, cukup dekat dengan deskripsi perangkat keras sistem. Mempelajari bahasa pemrograman C dapat memudahkan pemahaman pada bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lain.

Kekurangan Bahasa Pemrograman C


Tidak berorientasi objek

Bahasa pemrograman C tidak mendukung fitur-fitur Object Oriented Programming (OOP) seperti Inheritance, Enkapsulasi, Polimorfisme dll. Itu sebabnya C ++ dikembangkan, bahasa C tidak memiliki pengecekan tipe yang ketat, misalnya dapat memberikan nilai integer, ini untuk mengambangkan tipe data.

Bahasa C adalah bahasa berorientasi prosedur, Jadi, Anda harus mengembangkan program Anda menggunakan bahasa berorientasi prosedur saja dan Anda harus mengimplementasikan algoritma apa pun sebagai seperangkat panggilan fungsi.

Tidak mendukung namespace

Bahasa pemrograman C tidak menawarkan dukungan untuk namespace seperti C ++ , Tanpa Namespace, kami tidak dapat mendeklarasikan dua variabel dengan nama yang sama dan Anda tidak dapat menggunakan nama variabel yang sama lagi dalam satu lingkup.

Bahasa C tidak melakukan Pemeriksaan Tipe Waktu Berjalan, bahasa ini mengkompilasi jenis pemeriksaan waktu hanya pada waktu berjalan. bahasa C tidak memastikan apakah tipe data yang benar digunakan, melainkan melakukan konversi jenis otomatis.

Tidak mendukung Konstruktor dan Destruktor

Bahasa C tidak memiliki konsep konstruktor atau destruktor. Bahasa C tidak menawarkan fitur yang berorientasi objek, jadi, bahasa C tidak memiliki fitur Konstruktor dan Destruktor.

Konstruktor dan Destruktor digunakan untuk membangun objek dan menghancurkan objek, Jadi, dalam bahasa pemrograman C Anda harus mengimplementasikan konstruksi secara manual dan penghancuran variabel menggunakan fungsi atau dengan cara lain.

Bahasa pemrograman C memiliki tingkat abstraksi yang rendah, itu adalah lingua franca, bahasa C adalah bahasa yang kecil, bahasa ini jarang memberi Anda solusi instan, Mempelajari C terlebih dahulu membutuhkan banyak kesabaran.

Bahasa pemrograman C tidak menawarkan keamanan data, Tidak mendukung penggunaan kembali kode sumber, Ia tidak menawarkan bantuan untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Nah, itu pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman C. Jika menurut kamu masih ada kekurangan atau kesalahan, silahkan tulis dikomentar. Angops sangat senang menerima masukan yang membangun.