23/07/19

Bahasa Pemrograman Java, Kelebihan dan Kekurangannya !

bahasa-pemrograman-java-kelebihan-dan-kekurangan


Bahasa pemrograman Java adalah bahasa pengembangan aplikasi terbaik. Termasuk bahasa pemrograman berorientasi objek yang digunakan untuk membuat aplikasi berkualitas, efisien untuk komputer dan ponsel.

Diperkenalkan pada tahun 1995 oleh James Gosling. Java merupakan bahasa yang multithreaded, yaitu memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa tugas dalam program.

Java merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel dan mendukung banyak platform seperti Windows, iOS, Linux, Android, dan lainnya. Hal ini karena Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari berbagai bahasa lain seperti C, C ++ dan bahasa pemrograman lainnya.

Dan tentunya Java menjadi bahasa yang wajib kamu pelajari jika ingin menjadi seorang developer aplikasi Android, karena pengembangan aplikasi di platform ini sangat bergantung menggunakan bahasa Java.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Java



  1. Java sangat Aman, Java adalah salah satu bahasa pemrograman pertama yang keamanannya merupakan bagian dari desainnya.
  2. Menyediakan antarmuka yang sangat memudahkan pengguna dan pengembang.
  3. Sederhana, karena bahasa pemrograman Java dirancang agar mudah digunakan. Baik menulis, mengkompilasi, men-debug dan belajar dari bahasa lainnya juga mudah.
  4. Independen, artinya Java menawarkan fasilitas untuk Write Once dan Run Anywhere. Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa ini dapat dijalankan pada setiap perangkat keras dan platform perangkat lunak.
  5. Aplikasi Java didukung oleh setiap browser yang kompatibel dengan Java, selain itu Java memiliki kemampuan untuk bergerak dengan mudah dari satu sistem komputer ke sistem yang lainnya.
  6. Bahasa Java memiliki fitur sistem alokasi Stack. Yang dapat membantu data untuk disimpan & dapat dipulihkan dengan mudah. Manajemen Stack sebenarnya adalah proses pengaturan objek dalam sistem manajemen LIFO (Last In First Out). 
  7. Sistem manajemen membantu menyimpan dan mengembalikan objek apa pun, tidak seperti bahasa pemrograman lain di mana pengembang perlu mengalokasikan data dan mengumpulkan sampah.
  8. Bahasa Java berorientasi objek. Karena pemrograman di Java berpusat pada pembuatan objek, memanipulasi objek dan membuat objek dapat bekerja bersama. Jadi, Java membantu Anda membuat program modular dan kode yang dapat digunakan kembali.
  9. Java dapat mendeteksi banyak masalah yang pertama kali muncul selama waktu eksekusi dalam bahasa lain.


Kekurangan bahasa pemrograman Java



  1. Bahasa Java relatif lebih lambat & membutuhkan lebih banyak ruang memori daripada bahasa pemrograman asli lainnya seperti C dan C ++.
  2. Mudah di dekompilasi, atau istilah sederhananya source code dari aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa Java mudah diambil atau ditiru. Tentu ini sangat merugikan pembuat aplikasi atau pengembangnya.

Nah, itulah sedikit pengertian bahasa pemrograman Java beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika kamu tahu lebih banyak mengenai bahasa pemrograman ini silahkan tambahkan dikolom komentar ya..