Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Mudah - ANGOPS

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Mudah

Menginstal sistem operasi Windows tidak harus selalu menggunakan CD atau DVD installer saja, tapi Anda juga bisa menggunakan Flashdisk atau USB.

Lalu bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 7 untuk menginstal OS Windows?

Untuk mengetahu cara membuat usb bootable Windows Anda bisa membaca artikel ini sampai akhir. Karena di sini Angops akan memberikan panduan yang mudah dan simpel untuk membuat usb bootable Windows 7.

Cara Membuat USB Bootable Windows 7, 8, 10


Ikuti panduan ini langkah demi langkah untuk bisa membuat USB bootable di bawah ini :

Siapkan Flashdisk yang akan dibuat bootable, kapasitas penyimpanan minimal adalah 4 gigabyte. Dan siapkan ISO image Windows 7 yang akan jadi instaler.

  1. Siapkan juga aplikasi pembuat USB bootable yaitu Rufus, gratis dan ringan.
  2. Colokan Flashdisk atau USB ke komputer, jalankan Rufus nanti USB akan terdeteksi secara otomatis.
  3. Untuk membuat usb bootable pada bagian Boot selection klik Select untuk memilih ISO image Windows 7 di lokasi penyimpanan Anda.
  4. Pada Rufus versi terbaru untuk opsi Partition scheme dan Target system sudah bisa mendeteksi sendiri sesuai yang digunakan laptop. Jadi Anda bisa biarkan saja tanpa dirubah-rubah.
  5. Pada Volume lable secara otomatis akan mengikuti ISO image, jadi juga dibiarkan saja.
    cara-membuat-bootable-flashdisk-windows-7
  6. Klik Star untuk mulai membuat bootable usb Windows 7 Anda, tunggu sampai proses selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai 45 menitan).
  7. Selesai, dan kini Anda telah berhasil membuat flashdisk bootable Windows 7.


Nah itulah cara simpel dan mudah membuat USB botable Windows 7 menggunakan Rufus. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat usb bootable Windows 8 dan usb bootable Windows 10.

Selain menggunakan aplikasi Rufus, Anda juga bisa menggunakan aplikasi alternatif lainnya seperti Windows 7 USB Tool, Yumi, dan aplikasi WinToFlash. Selamat mencoba, jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda