Cara Menggunakan Google Drive Offline di Android - ANGOPS

Cara Menggunakan Google Drive Offline di Android



Selain menggunakan PC Windows, Google Drive juga bisa diakses secara offline di perangkat Android. Walaupun ekstensi Chrome tidak mendukung bila digunakan pada perangkat seluler, Anda tetap bisa mengedit file dan dokumen secara offline. Ini karena Google telah membuat aplikasi terpisah untuk layanannya seperti Google Drive, Documents, Spreadsheet, dan Slide.

Untuk ponsel atau tablet dengan sistem Android, biasanya aplikasi ini sudah terinstal secara default / bawaan pada saat Anda membelinya. Namun untuk perangkat iOS pengguna harus mengunduhnya di App Store untuk menikmati layanan ini, sehingga bisa mengakses file yang ada di Google Drive secara offline.

Cara Menggunakan Google Drive Offline di Android


Untuk bisa menggunakan Google Drive secara offline Anda harus melakukan pengaturan di Drive, dan proses ini harus terhubung ke internet.

Cari dan buka aplikasi Drive Anda di perangkat Android.

Ketuk ikon titik tiga vertikal di sebelah nama file yang ingin Anda edit secara offline.

Ceklis Availble offline /  Tersedia offline pada menu yang muncul untuk mengaktifkan pengeditan offline.

Nah untuk melihat file yang Anda setting tersedia secara offline, ketuk ikon stip tiga dibagian kiri atas > Offline, maka daftar file atau data yang diset offline akan terlihat. Setiap data atau file yang dibuat tersedia secara offline akan di-cache ke lokal secara otomatis bila Anda sedang terkoneksi dengan internet, bahkan pada aplikasi lain seperti di Documents, Slides dan Spreadsheet.



Selain itu, jika Anda sedang bekerja dengan dokumen, spreadsheet, atau dengan slide, dan Anda ingin bisa mengeditnya secara offline maka bisa dengan cara ketuk ikon Strip tiga di aplikasi Docs atau aplikasi lainnya, > Setting > Make recent file available offline.

cara-menggunakan-google-drive-offline-di-android

Selesai.

Tips :
File Google Drive offline yang di edit menggunakan ponsel yang berbeda tidak akan mendapat pembaruan otomatis, karena tidak tersinkronisasi.

Demikian cara menggunakan Google Drive di perangkat Android, Anda tidak perlu repot-repot untuk memperbarui dokumen saat tidak ada koneksi internet.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda