25/10/19

Cara Backup Data Dengan File History di Windows 10

cara-backup-data-di-windows-10-dengan-file-history


Angops : Cara Mudah Backup Data di Windows 10 dengan File History. Sebetulnya fitur file history ini sudah ada juga pada Windows 7 dan 8, tapi di Windows 10 fitur ini tidak aktif secara otomatis.

File history merupakan fitur pencadangan yang bisa digunakan untuk mengembalikan file atau data dikomputer Windows ke versi sebelumnya. Secara singkat File History ini bisa digunakan untuk recovery file di PC Windows.


Cara Mengaktifkan File History di Windows 10


File History biasanya sudah aktif di Windows 7, dan untuk Windows 10 belum aktif. Untuk mengaktifkan file history di Windows 10 bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:


  1. Siapkan dan hubungkan hardisl eksternal yang akan digunakan untuk backup
  2. Klik Star » Settings » Update & Security » Backup.
  3. Pada menu Backup using File History klik Add a drive untuk menambahkan drive eksternal yang akan digunakan untuk menyimpan file backup.
  4. Daftar drive ekternal yang terhubung ke PC akan ditampilkan, pilih drive yang akan digunakan dan secara otomatis Automatically back up my files akan aktif.



Cara Konfigurasi File History


Sangat diperlukan untuk mengkonfigurasi file history dalam mencadangkan file atau data di komputer Windows. Lebih jelasnya seperti di bawah ini :

Klik More options tepat di bawah Automatically back up my files 
Pada bagian Back up my files, pengguna bisa mengatur komputer akan membackup file setiap satu jam, 2 jam, 3 jam, 6 jam, 12 jam, sehari sekali, atau juga bisa diatur per beberapa menit komputer melakukan back up.

Selanjutnya dibagian Keep my backup digunakan untuk mengatur seberapa lama file backup tersimpan di drive eksternal. Secara default akan disimpan selamanya, tapi pengguna bisa mengubahnya untuk menghindari penumpukan file atau drive penuh.

Selanjutnya pengguna bisa memilih jenis file atau data apa yang akan di backup. Dan pengguna juga bisa memberi pengecualian file atau folder yang tidak ingin dibackup dengan mengaturnya di Exclude these folders.

Silahkan lihat Advanced setting untuk pengaturan lebih lanjut, jangan lupa simpan pengaturan jika konfigurasi File History sudah selesai.


Cara Restore / Mengembalikan File dengan File History


Semua langkah di atas merupakan langkah mengaktifkan dan mengkonfigurasi file history, adapun untuk mengembalikan file atau data menggunakan fitur ini sebagai berikut.

Masuk ke Settings » pilih Update & security
Pada Backup klik More options, kemudian klik opsi Restore files from a current backup.

atau,

Bisa lewat Control Panel kemudian » System and Security » pilih File History dan pilih Restore personal files.

atau,

Bisa juga mengembalikan backup file melalui File Explorer langsung, yaitu dengan klik kanan pada lokasi atau langsung klik kanan folder dan file yang akan dikembalikan ke versi sebelumnya. Pilih tab Restore previous versions » pilih file atau folder yang akan dipulihkan  » klik Restore

Penggunaan File History untuk mengenbalikan file yang terhapus di Windows ini sangat bermanfaat dan membantu pengguna yang lupa jika file tersebut rusak atau karena hal lainnya.

Selamat mencoba, dan sebarkan artikel ini ke media sosial kamu agar banyak yang tahu.