4 Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Laptop - ANGOPS

4 Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Laptop

cara-mengembalikan-data-yang-hilang-di-laptop


Tutorial ini akan menunjukan cara mengembalikan data yang hilang di laptop menggunakan beberapa metode pemulihan. Ikuti langkah demi langkah mengembalikan file dan data yang hilang dalam panduan ini dengan mudah.

Cara Mudah Mengembalikan Data & File yang Hilang di Laptop


Terdapat 5 metode untuk mengembalikan file atau data yang terhapus di pc dalam artikel ini, baca sampai selesai untuk memahaminya.

1. Memanfaatkan Recycle Ben


Setiap laptop atau pc selalu ada tool ini, karena Recycle Ben adalah aplikasi bawaan komputer. Alat ini berfungsi untuk menampung semua file yang dihapus baik sengaja atau tidak disengaja. File yang terhapus akan masuk ke folder Recycle Ben, dan bertahan selama 30 hari jika dibiarkan saja.

Caranya:
Dalam folder Recycle Ben pilih data atau file yang akan dikembalikan, » klik kanan dan pilih Restore, maka file atau data tersebut akan dikembalikan ke lokasi semula sebelum terhapus.

2. Menggunakan fitur Previous version pada PC Windows


Untuk pengguna Windows maka bisa memanfaatkan fitur Previous version ini untuk mengembalikan data atau file yang terhapus, bahkan file yang tiba-tiba hilang di laptop juga bisa dikembalikan.

Caranya tinggal klik kanan dalam folder lokasi file yang hilang, pilih Previous version untuk Windows 10.

Sedangkan di Windows 7 klik kanan » Properties » pilih tab Previous version.

3. Menggunakan File Backup


Tips ini hanya berguna jika sebelumnya pengguna sudah menyeting dan membuat file backup, serta mencadangkannya di drive eksternal, ataupun di penyimpanan online.

4. Menggunakan Bantuan Software File Recovery


Cara ini tergolong mudah, karena pengguna hanya perlu mendownload aplikasi File Recovery » install » dan jalankan aplikasi.

Diantara aplikasi yang bisa digunakan untuk recovery data adalah Easus Data Recovery Wizard.

Itulah beberapa metode untuk mengembalikan data yang hilang di laptop atau pc. Gunakan cara termudah untuk mengembalikan file dan data yang terhapus di laptop.

Selamat mencoba.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda