19/10/19

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop

cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-permanen


Angops - Biasanya sebuah file yang dihapus ataupun yang terhapus secara tidak sengaja akan masuk ke Recycle Bin selama 30 hari jika dibiarkan saja. Tapi bagaimana jika file tersebut sudah terhapus secara permanen atau sudah tidak ada folder sampah, bisakah dikembalikan lagi?

Buat pengguna Windows 7, 8, 10, file yang sudah terhapus permanen dan tidak ada lagi di folder Recycle bin tentu masih bisa dikembalikan lagi. Nah, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus permanen tersebut? Baca langkah-langkahnya di bawah ini.


1. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Recycle Bin Windows


Langkah pertama yang paling mudah mengembalikan file yang terlanjur hilang dari folder Recycle bin adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ke tiga, contoh di artikel ini menggunakan Easus Data Recovery Wizard. Caranya seperti berikut:

  1. Download software Easus Data Recovery Wizard tersedia versi gratisnya, kemudian install seperti biasa menginstal aplikasi di Windows pada umumnya.
  2. Setelah berhasil di install jalankan aplikasi Easus, dan pilih lokasi file yang terhapus > lalukan Scan.
  3. Tunggu sampai proses scanning data selesai, file yang terhapus akan muncul di daftar Deleted Files.
  4. Pilih file yang akan dikembalikan dan klik Recover, file yang telah dihapus secara permanen tersebut biasanya dikembalikan ke folder asal sebelum dihapus atau bisa cari di Recycle bin.
Selain aplikasi Easus pengguna Windows juga bisa menggunakan aplikasi sejenis untuk mengembalikan file atau data yang terlanjur dihapus di laptop seperti Recuva atau yang lainnya.


2. Mengembalikan File Yang Telah dihapus Permanen di Laptop Tanpa Software dengan Backup Data


Jika kalian tidak bisa menggunakan cara pertama karena tidak ada koneksi internet untuk mendownload software atau karena hal lain bisa menggunakan trik ini. 

Metode ini dapat mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop tanpa software pihak ke tiga, dengan catatan pengguna mempunyai data backup di Windows mereka (yang terbaru). 

  1. Caranya dengan masuk ke Control Panel > pilih System and Mantenance > kemudian pilih Backup and Restore.
  2. Selanjutnya pilih Restore My File > pilih Brows for folder atau Brows for files untuk memilih file backup yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Kemudian tentukan lokasi tujuan file akan disimpan.

3. Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Tanpa Software dengan Previous Version Windows


Pengguna Windos 10, 8, dan 7 masih bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen dengan opsi Previous Version. Metode ini akan bekerja jika File History di laptop Windows diaktifkan.

  1. Cara mengembalikannya juga sangat mudah, pengguna cukup mencari lokasi terakhir file yang telah terhapus sebelumnya > klik kanan > pilih Restore Previous Version.
  2. Pengguna akan melihat daftar versi file dan folder yang telah terhapus, pilihlah versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan data atau file yang terhapus secara permanen.

Sangat mudah kan? Selamat mencoba, dan jangan lupa share ke banyak orang agar tambah manfaat.