09/10/19

Mengenal Apa itu Barcode & Fungsinya Lengkap !

apa-itu-barcode


Angops.com : Mengenal Barcode dan Fungsinya. Secara tidak sadar kita sering mendengar dan melihat barcode, entah itu di barang belanjaan atau diperangkat mobile yang kita miliki. Tapi sudah tahukan kamu apa itu barcode? dan apa manfaatnya dalam kehidupan?

Jika kamu belum tahu tentang barcode, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini Angops akan berbagi pengetahuan tentang barcode dan fungsinya bagi manusia.


Pengertian Barcode


Barcode adalah kode-kode yang terdiri dari kombinasi bar atau garis dengan berbagai jarak tertentu yang digunakan untuk menyimpan data hasil produksi, nomor identitas, dan data lainnya. Sehingga informasi yang dikodekan dalam barcode bisa diidentifikasi oleh komputer dengan mudah.

Di dalam barcode berisi sejumlah digit angka yang terenkripsi, dan tidak ada data deskriptif dari produk atau barang. Saat dilakukan scanner maka kode didalamnya akan terhubung ke data barang secara otomatis.

Hasil dari barcode scanner tersebut berupa data-data barang seperti nama produk, vendor pembuat, harga produk, dan informasi terkait lainnya.

Saat ini barcode bisa ditemui hampir disetiap barang yang dijual, atau produk yang kita konsumsi sehari-hari.

Di swalayan atau mall, hampir semua produk yang dijual diberi barcode dan saat melakukan pembayaran maka barcode tersebut di scan oleh kasir sehingga barang yang terjual secara otomatis masuk ke sistem lengkap dengan harga yang harus dibayar oleh pelanggan.

Mengapa Menggunakan Barcode?


Mengapa barcode masih diperlukan? Padahal sudah ada kode angka yang bisa digunakan. Jawabannya karena komputer lebih akurat membaca data digital dibandingkan angka (analog).

Kode pada barcoe menggunakan warna kontras hitam diatas putih sehingga mudah dikenali sensor Charge Couple Device (CCG), atau laser pada scanner, untuk selanjutnya diterjemahkan komputer ke bentuk desimal.

Sejarah Singkat Barcode


Barcode pertama kali dipatenkan yaitu pada tanggal 7 Oktober 1952, hasil dari penelitian Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver. Dan pertama kali digunakan untuk tujuan komersil pada tahun 1970, bersamaan dengan pembuatan Uneversal Grocery Products Identification Standard (UGPIC) oleh Logicon Inc.

Dan Monach Marking merupakan perusahaan pertama yang membuat perlengkapan kode batang untuk tujuan perdagangan.