Cara Recovery Windows 10 Dengan Mudah & Simpel - ANGOPS

Cara Recovery Windows 10 Dengan Mudah & Simpel

cara-recovery-Windows-10


Pada panduan ini akan dibahas bagaimana cara recovery Windows 10 dengan mudah dan simpel bahkan untuk seorang pemula. 

Fitur recovery Windows 10 telah disediakan oleh pihak Microsoft untuk mereset sistem jika berbagai masalah tidak bisa diatasi dengan cara biasa. Melakukan recovery Windows berarti mengembalikan sistem seperti pengaturan semula.

Ikuti langkah demi langkah cara mereset Windows 10 dengan fitur Recovery yang mudah dan aman. 

Cara Recovery Windows 10 


Sebelum melakukan recovery ada baiknya untuk melakukan backup pada sistem dan data penting, ini untuk menghindari kegagalan saat proses reset ulang Windows dengan cara ini. Selain itu, sebaiknya hubungkan adaptor laptop untuk menghindari kehabisan baterai saat recovery, karena bisa menyebabkan error.

Pertama silakan buka Windows Setting > kemudian pilih Update & Security > dan pilih Recovery. Pada menu Recovery sebelah kanan pilih Recovery this PC > selanjutnya akan muncul dua pilihan yaitu Keep my files dan Remove everything.

Opsi Keep my files akan menghapus semua setingan dan aplikasi yang terinstal di Windows 10, tapi file atau data user tidak ikut dihapus. Sedangkan jika memilih opsi Remove everything maka semua setingan, aplikasi yang terinstal, dan data yang ada di PC akan ikut dihapus.

Sebaiknya pilihlah opsi Keep my files, jika akan mereset Windows saja. Tapi jika tujuan mereset Windows adalah untuk memulihkan seperti pengaturan awal pilihlah Remove everythings. 

Selanjutnya pilih opsi Only the drive where Windows is installed, agar drive C: saja yang dipulihkan, sehingga data pada drive lain akan aman. Kemudian pilih Just remove my files dan klik Reset untuk memulai recovery Windows 10. 

Tunggu sampai proses recovery selesai, setelah selesai pengguna bisa melihat bahwa hanya file pada sistem saja yang terhapus. 

Dan jika menggunakan opsi yang kedua All Drive maka semua file di drive lain juga akan dihapus. Opsi ini cocok jika pengguna ingin menjual laptop mereka ke orang lain agar tidak ada data yang jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab.

Itulah langkah-langkah melakukan recovery Windows 10 untuk mereset sistem yang bermasalah. 

Selamat mencoba.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda