Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tanpa Kehilangan Data - ANGOPS

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tanpa Kehilangan Data

Bad sector pada Hardisk merupakan masalah yang sering terjadi, lalu bagaimana cara memperbaiki hardisk bad sector tersebut?

Dalam panduan ini Angops akan mengulas cara memperbaiki kerusakan pada hardisk yang mengalami bad sector dengan beberapa metode, langkah demi langkah secara jelas. Ikuti tutorial perbaikan hardisk bad sector ini sampai selesai.


Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Tanpa Kehilangan Data


Sebetulnya untuk pengguna Windows telah disediakan sebuah tool bawaan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada hardisk seperti halnya bad sector. Cara memperbaikinya seperti berikut.


  1. Buka Windows Explorer (tombol Windows + E) > klik kanan pada Disk yang akan di cek (contoh disk C:) kerusakannya dan pilih Properties.
  2. Kemudian pili tab Tools > lalu klik Chek now pada Error-cheking. Tunggu sistem melakukan pengecekan dan perbaikan. 
    cara-memperbaiki-hardisk-bad-sector
  3. Jika kerusakan cukup berat, biasanya sistem akan otomatis menjalankan chek lagi saat komputer dinyalakan.



Cara Perbaiki Bad Sector pada Hardisk Dengan Macrorit 


Selain menggunakan tools bawaan Windows kalian juga bisa menggunakan software lain untuk melakukan perbaikan hardisk yang mengalami bad sector, salah satunya menggunakan Macrorit. Cara memperbaikinya sebagai berikut.


  1. Download dan install software Macrorit Disck Scanner 
  2. Jalankan Macrorit di komputer atau laptop kalian, dan lakukan scanner dengan klik tombol Scan Now
    cara-memperbaiki-hardisk-bad-sector-dengan-macrorit
    Secara otomatis semua disk di komputer akan dipindai, jika ditemukan error maka dapat dilihat dengan jelas dan akan diperbaiki.


Nah itulah cara memperbaiki hardisk yang mengalami bad sector. Selain menggunakan kedua cara di atas kalian bisa menggunakan alat lain untuk memperbaiki bad sector di hardisk misalnya dengan hiren,


Share this article

Silakan tulis komentar Anda