Google : Definisi & sejarah singkat - ANGOPS

Google : Definisi & sejarah singkat

Apa itu Google?


Google adalah sebuah mesin pencari di internet yang pengembangannya dimulai pada tahun 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, sebagai proyek penelitian di Stanford University untuk menemukan file di internet. Awal mula bernama BackRub, kemudian diganti menjadi Google yang terinspirasi dari istilah googol. Saat ini kantor pusat Google ada di di Mountain View, California.

Google di awal kemunculannya


Domain google.com didaftarkan pada 15 September 1997, dan perusahaan itu didirikan pada 4 September 1998. Di bawah ini merupakan screenshoot dari tampilan awal Google saat itu yang bersumber dari The Internet Archive tahun 1998.

apa-itu-google

Google mesin pencari nomer satu di internet


Saat ini Google menjadi mesin pencari teratas yang banyak digunakan di internet karena kualitas pencarian yang sangat relevan. Faktor penunjang yang membuat Google sangat baik dalam pencarian adalah teknik PageRank yang bisa menyortir hasil pencarian di internet, dan penggabungan berbagai jenis layanan lainnya.

Cara menggunakan Google


Untuk menggunakan layanan Google cukup mudah, pengguna hanya perlu mengakses halam resminya di alamat http://www.google.com/.

Setelah masuk, ketikan kata kunci yang ingin Anda cari. Jika ingin mengetahui informasi tentang Android, maka tinggal ketikan keyword Android di kolom Search Google dan mesin pencari Google akan memperlihatkan hasil pencariannya.

Produk dan layanan Google lainnya


Android, Blogger, Chromebook laptop, ChromeOS, G Suite, Gmail, Google Ads, Google Adsense. Google AdWords, Google Alerts, Google Allo, Google Analytics, Google App Engine, Google Assistant, Google Blog, Google Books, Google Calender, Google Chrome, Google Developer, dan masih banyak lainnya.






Share this article

Silakan tulis komentar Anda