Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari HP lama ke Android Baru - ANGOPS

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari HP lama ke Android Baru

cara-memindahkan-chat-whatsapp-ke-hp-lain


Bagaimana cara memindahkan chat Whatsapp dari HP lama ke HP Android baru? Pertanyaan ini memang sangat sering diajukan oleh banyak pengguna ponsel Android, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Ketika Anda berganti smartphone baru dan masuk ke akun WhatsApp Anda maka data percakapan lama tidak otomatis ada didalamnya. Anda perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mentransfer chat WA ke HP baru Anda.

Cara transfer chat WA dari Android lama ke yang baru


Aplikasi WhatsApp versi terbaru telah menyediakan fitur pencadangan Google Drive otomatis, yang bisa memudahkan proses transfer riwayat obrolan WA antar ponsel Android semakin mudah dilakukan.

Membuat backup chat WA ke Google Drive dan restore chat WahtsApp di HP baru


Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencadangkan atau backup chat WhatsApp dari Android lama ke Android yang baru.

cara-mentansfer-chat-whatsapp-ke-hp-android-baru


  1. Di HP lama, buka Aplikasi WhatsApp Anda dan ketuk simbol titik tiga.
  2. Kemudian, pilih Setting / Pengaturan > Chat / Obrolan > Chat backup.
  3. Anda bisa memilih pencadangan otomatis yang akan disimpan ke akun Google Drive Anda, atau memilih cadangan manual yang bisa Anda buat kapan saja jika diperlukan.
  4. Jika sudah memilih jenis cadangan, WhatsApp akan mulai mencadangkan obrolan Anda ke Google Drive.
  5. Setelah berhasil membuat cadangan chat WA, kini Anda bisa beralih ke ponsel baru.
  6. Buka Aplikasi WhatsApp di Android baru Anda, secara otomatis obrolan dan kontak Whatsapp akan muncul, sedangkan media akan diunduh dilatar belakang.
  7. Pastikan gmail yang disinkronkan dengan Google Drive sama dengan yang Anda gunakan di HP baru agar metode ini berhasil.


Cara backup chat Whatsapp dan restore secara manual


Ikuti langkah sepeti di bawah ini untuk mecadangkan chat WA secara manual, dan memulihkannya di ponsel Android Anda yang baru.


  1. Buka aplikasi WA di ponsel lama Anda, masuk ke Settings, kemudian pilih Chats and calls > tap Chat backup.
  2. Jika HP lama dan baru Anda sama-sama menggunakan SD card sebagai memori eksternal, maka tinggal buat cadangan dan simpan ke SD card di Android lama. Kemudian masukan SD card yang berisi backup tadi ke HP baru Anda, dan restore chat WhatsApp dari data backup SD card tersebut.
  3. Namun, jika Anda menggunakan penyimpanan internal di HP lama maka untuk memulihkan chat WA dari HP lama ke HP baru membutuhkan sebuah laptop atau PC. Buat cadangan obrolan Whatsapp seperti biasa dan hubungkan HP lama ke laptop, caru folder WhatsApp / Database. Semua file backup ada dalam folder Database ini, cari file backup dengan tanggal terbaru dan copy ke laptop. Biasanya nama file backup seperti "msgstore-2020-01-13.db.crypt". 
    restore-chat-whatsapp
     
  4. Install aplikasi WhatsApp di ponsel baru, dan jangan dijalankan dulu.
  5. Sambungkan HP Android baru ke laptop dan copy file backup yang telah dibuat sebelumnya ke folder WahtsApp di memori HP baru Anda. Biasanya folder Database sudah tersedia, namun jika belum bisa Anda buat sendiri secara manual.
  6. Setelah disalin ke HP baru Anda, kini Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di HP baru lengkap dengan riwayat percakapan Anda seperti di HP lama.

Nah, itulah cara mudah memindahkan chat WhatsApp dari HP Android lama ke Android baru yang bisa Anda coba sendiri dengan perangkat Anda.

Cara memindahkan percakapan WA dengan kedua metode di atas sangat aman dilakukan, sehingga Anda tidak perlu kawatir akan kehilangan data penting Anda.

Selamat mencoba.



Share this article

Silakan tulis komentar Anda