Cara Mengatur Notifikasi Aplikasi di Android Agar Lebih Produktif - ANGOPS

Cara Mengatur Notifikasi Aplikasi di Android Agar Lebih Produktif

cara-mengatur-notifikasi-aplikasi-android


Mengatur notifikasi di ponsel Android sangat penting dilakukan bagi Anda yang tidak ingin terganggu oleh distraksi apapun saat bekerja atau melakukan kegiatan lain.

Mengapa perlu mengatur notifikasi pesan dan aplikasi di HP Android?


Smartphone bisa menjadi alat komunikasi yang sangat efektif dan bermanfaat, untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman. Namun tidak sedikit sedikit orang yang justru merasa ponsel mereka mengurangi produktivitas kerja karena notifikasi pesan dan aplikasi lainnya di perangkat Android mereka.

Produktifitas yang buruk tentu tidak baik untuk siapapun, Anda bisa saja melihat notif pesan di HP hampir setiap lima menit atau bahkan kurang sehingga tidak bisa fokus dengan pekerjaan Anda.

Cara mematikan semua notifikasi Android secara sementara


Dalam panduan ini Anda akan belajar mengatur notifikasi di HP Android baik Android Marshmellow dan yang lebih baru, atau Android Lollipop dan yang lebih lama.

Pada Android Marshmallaw 6.0 sudah menawarkan opsi "Do not distrub" yang mana smartphone tidak akan berdering atau bergetar, dan semua gangguan bisa dimatikan. Semua notifikasi bisa dimatikan atau diotorisasi notifikasi dari salah satu aplikasi dan panggilan dari orang tertentu saja.

Langkah mematikan semua notifikasi di Android


Cara mengatur "Do Not Distrub" di Android Marshmallow atau yang lebih baru, contoh ini menggunakan HP Xiomi Redmi. Sesuaikan dengan merek ponsel Anda.


  • Masuk ke Settings > pilih Do not distrub.
  • Untuk mematikan semua notifikasi pilih Silence all distrubances (Anda bisa mengatur waktu, dan menyeting pengulangan untuk setiap harinya).
  • Untuk memilih notifikasi tertentu saja pilih Only allow exceptions (Media, Alarms, Vibrations, Notifications light).


Setelah mengatur Do not distrub (DND) baik waktu yang Anda inginkan, lalu mengaktifkannya bisa lewat pintasan menggeser layar HP dari atas ke bawah dan pilih DND.

Cara Mengatur notifikasi Aplikasi tertentu di Android


Jika cara di atas bertujuan untuk menghindari semua jenis gangguan karena notifikasi dari aplikasi Android, yang ini hanya untuk mengatur notifikasi khusus aplikasi. Anda bisa memilih aplikasi apa yang diijinkan menampilkan notifikasi di HP Anda. Lihat cara melakukan pengaturannya seperti di bawah ini.

  • Masuk ke menu Setting di smartphone Android Anda.
  • kemudian pilih Notifications > App notifications.
  • Pilih aplikasi apa saja yang diijinkan untuk menampilkan notifikasi di HP Anda, aktifkan Show notifications dengan menggeser tombol ke kanan hingga nyala orange.

Dengan melakukan pengaturan notifikasi pada smartphone Android, Anda telah mengurangi distraksi akibat notif pemberitahuan yang kadang sangat tidak penting. Dengan itu Anda akan jauh lebih produktif dalam mengerjakan tugas ataupun pekerjaan Anda.

Silahkan sesuaikan dengan jenis ponsel yang Anda gunakan, karena pengaturannya tidaklah jauh berbeda. Semoga bermanfaat. 

Share this article

Silakan tulis komentar Anda