Cara melakukan Klik kanan menggunakan keyboard - ANGOPS

Cara melakukan Klik kanan menggunakan keyboard

Bagaimana perintah Klik kanan menggunakan keyboard? Terkadang seseorang harus bekerja dengan komputer tanpa adanya mouse atau touch pad di laptop yang sedang bermasalah. Lalu bagaimana melakukan perintah klik kanan atau perintah lainnya seperti saat kita menggunakan mouse dan touch pad?

Setelah melakukan beberapa percobaan yang cukup menyita waktu berjam-jam, kini Angops akan membagikan trik melakukan berbagai perintah keyboard yang memiliki fungsi sama dengan mouse dan touch pad.

Cara melakukan Klik kanan menggunakan keyboard


Melakukan berbagai perintah mouse menggunakan keyboard bisa dijalankan dengan berbagai kombinasi tombol seperti di bawah ini.

Menekan tombol [Alt] pada keyboard memiliki fungsi untuk fokus pada opsi menu seperti File, Edit, dan lainnya.
Menekan tombol [Alt + TAB] pada keyboard berfungsi untuk beralih antar program.
Tombol [Enter] memiliki fungsi untuk "klik kiri" pada suatu item seperti di mouse atau touch pad.

Lalu bagaimana perintah "klik kanan" pada keyboard?

cara-klik-kanan-di-keyboard


Untuk perintah klik kanan bisa menggunakan tombol [Shift + F10] di keyboard, atau bisa dengan tekan tombol File (tombol dengan ikon file disebelah tombol Windows) di keyboard.

Itulah cara menggunakan perintah klik kanan dengan keyboard jika Anda tidak memiliki mouse atau touch pad di laptop Anda sedang mengalami kerusakan.

Beberapa perintah penting keyboard Windows lain yang sangat bermanfaat


Di bawah ini merupakan beberapa perintah keyboard penting pada Windows yang selayaknya perlu Anda ketahui jika suatu saat mengalami masalah genting.

  • [Ctrl + Esc] : Membuka menu Start (lalu gunakan tombol PANAH untuk memilih item).
  • [Alt + Panah bawah] : Membuka kotak daftar drop-down.
  • [Alt + F4] : Menutup jendela program saat ini.
  • [Alt + ENTER] : Buka properti untuk objek yang dipilih.
  • [Alt + Spacebar] : Membuka menu pintasan untuk aplikasi saat ini.


Mouse keys / tombol pintasan mouse


Windows juga memiliki fitur yang disebut Mouse keys yang memungkinkan Anda menggerakkan kursor mouse dengan tombol angka di keyboard.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup dengan tekan tombol [Alt + Shift kiri + NumLock]. Selanjutnya akan muncul jendela pesan yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan mouse keys, klik Yes untuk menyetujuinya.

tombol-kombinasi-keyboard-penting

Setelah diaktifkan, 4 menggerakkan mouse /ke kiri, 6 ke kanan, 8 ke atas dan 2 ke bawah. Dan untuk angka 7, 9, 1, dan 3 akan menggerakkan kursor mouse secara diagonal.

Untuk melakukan perintah "klik kiri" seperti di mouse, cukup menekan tombol garis miring (/ dan 5) di keyboard angka sebelah kanan. Sedangkan untuk melakukan perintah "klik kanan" seperti di mouse, yaitu dengan menekan tombol minus (- dan 5) di keyboard angka sebelah kanan.

Sedangkan untuk perintah double klik bisa menekan garis miring dan kemudian tombol tambah (+). Anda tidak perlu menahan tombol pertama sebelum menekan tombol kedua.

Catatan : bahwa semua kombo tombol ini hanya berfungsi menggunakan tombol angka di sisi kanan keyboard Anda.Termasuk tanda plus, minus dan garis miring. 

Nah, itulah cara melakukan perintah klik kanan di keyboard dan perintah lainnya yang bermanfaat. Semoga pengetahuan baru Anda semakin bermanfaat.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda