Cara Memutar Foto dan Video dari Android ke PS 4 - ANGOPS

Cara Memutar Foto dan Video dari Android ke PS 4

cara-memutar-video-dan-foto-dari-android-di-ps4

Bila Anda punya PlayStation 4 dan HP Android, mungkin akan bertanya bisakah memutar foto dan video dari ponsel atau tablet di PS4? Kalu ingin tahu jawabannya, yuk simak pembahasannya secara lengkap di artikel ini.

Saat Angops mencari di Google, maka akan muncul berbagai panduan seputar cara memutar video dan foto di PS 4.

Tapi setelah Angops coba praktikan sendiri ternyata tidak semuanya berhasil, intinya Anda disuruh download aplikasi yang akan mengubah ponsel Android jadi server media. Misalnya Skifta (sudah tidak bisa) dan iMediaShare (kalau untuk video tidak bisa diputar).

Cara memutar video dan foto Android di PS4

Kemudian Angops mencoba beberapa aplikasi yang sudah terkenal untuk server media seperti Kodi, Tversity, dan Plex. Aplikasi Kodi tidak tersedia di PlayStation 4, sedangkan Tversity justru tidak ada di Android, namun Plex tersedia dikeduanya.
Catatan
Plex memiliki paket langganan berbayar dan aktivasi di Android harus bayar (murah), namun kalau untuk streaming video lokal saja bisa gratis.
Oleh karena itu, dipanduan ini Angops akan memaparkan cara memutar video dan foto di PS4 menggunakan aplikasi Plex sebagai server media. Ini karena Plex terdesia di Android dan PS4, sebelum itu Anda harus daftar akun Plex secara gratis di situs resminya.

Install Plex App di PlayStation 4


  1. Di PS 4 masuk ke PlayStation Store > App > kemudian pilih Popular, dan cari Plex.
  2. Lalu download Plex dan tunggu sampai selesai terinstal di PS 4 Anda, jika instalasi telah selesai Anda bisa pilih mulai Plex atau kembali ke beranda PlayStation 4.
  3. Pilih TV & Video, cari ikon Plex dan Sign in menggunakan akun Plex yang telah Anda buat sebelumnya.
  4. Akan mencul kode dilayar selanjutnya dan memberitahu supaya mengunjungi https://plex.tv/link untuk menambahkan PlayStation ke akun Plex Anda.
  5. Silahkan buka situs Plex dan login, kemudian masukan kode yang muncul dilayar PS4 dan klik Link.
    cara-streaming-video-lewat-ps4
  6. Jika semua berjalan dengan baik, maka akan muncul pesan App linked yang menandakan PS4 sudah ditambahkan ke akun Plex Anda.
  7. Selanjutnya di layar PlayStation 4 mungkin akan muncul pesan error "We cloudn't reach a media server" biarkan saja, ini karena sedang mencari server Plex. 
    cara-nonton-film-di-ps4
    Yang perlu di lakukan adalah menginstal aplikasi Plex di Android terlebih dulu, lihat caranya seperti dibawah.

Install aplikasi Plex di Android 


  1. Buka Google Play Store dan cari aplikasi Plex untuk diinstall.
  2. Setelah selesai, silahkan login dengan akun Plex (Continue with Plex Account) dan pilih Stay in Trial Mode
  3. Selanjutnya adalah memberi ijin aplikasi Plex untuk mengakses media di Android.
  4. Pilih menu Settings > System > Centang semua opsi menu yang ada terutama, Show camera roll media, Advertise as server, Network discovery.

Akses media (foto dan video) di PlayStation 4


Nah, setelah semua langkah di atas dijalankan dengan benar maka kini saatnya untuk memutar video ataupun foto di perangkat PS4.
plex-nonton-film-di-ps4

Buka Plex di PS4, dibagian bar aplikasi akan terdeteksi program Plex Android kalian. Biasanya sesuai nama ponsel Anda, klik saja nanti akan ada dua opsi Local foto dan Local video. Pilih Local foto untuk melihat foto atau gambar yang ada diponsel Androi, dan jika ingin memutar video dari Android maka pilih Local video.

Selamat mencoba.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda