Microsoft Word : Definisi dan fungsinya - ANGOPS

Microsoft Word : Definisi dan fungsinya

Apa itu Microsoft Word?


Terkadang disebut MS Word, Word, atau Winword. Microsoft Word adalah alat pengolah kata yang diterbitkan oleh Microsoft. Ms. Word adalah aplikasi produktivitas kantor yang paling banyak digunakan dan termasuk dalam bundel Microsoft Office. Awalnya dikembangkan oleh Charles Simonyi dan Richard Brodie, dan rilis pertama kali pada tahun 1983.

Software Microsoft Word tersedia bukan untuk sistem Windows saja, tapi juga tersedia untuk Android, Apple macOS, dan Apple iOS. Dan dapat berjalan di sistem operasi Linux menggunakan WINE.

Tampilan Microsoft Word


Berikut ini merupakan tampilan awal dari Ms. Word versi 2010.

microsoft-word-adalah



Apa fungsi Microsoft Word?


Microsoft Word memiliki berbagai fungsi yang memungkinkan Anda membuat dokumen, laporan, surat, dan resume berkualitas profesional. Tidak seperti editor teks biasa, Microsoft Word memiliki banyak fitur canggih seperti spell check, grammar check, format teks dan font, dukungan HTML, dukungan gambar, tata letak halaman lanjutan, dan banyak lagi.

Cara menggunakan Microsoft Word di komputer Windows


Jika Anda pengguna Windows komputer, dan telah menginstal MS Word maka Anda bisa menjalankannya melalui shortcut Word yang ada di dekstop (secara default saat mengistal Ms. Word di komputer, shortcut juga akan dibuat di dekstop).

cara-menggunakan-ms-word


Tapi jika di desktop komputer tidak ada shortcut Word, maka Anda bisa menjalankannya lewat menu Start dan cari Word di daftar aplikasi yang muncul. Atau bisa melalui kolom pencarian, dengan cara klik menu Start > ketik Word dikolom pencarian.

Berapa banyak jumlah baris pada satu halaman Ms. Word?


Mengenai jumlah banyaknya baris di satu halaman Microsoft Word sebenarnya tergantung dari beberapa hal, seperti jenis kertas yang digunakan (kerta ukuran A4, A5, Letter, dll.), lebar margin (garis tepi), dan lainnya.

Namun, jumlah baris untuk ukuran kertas A4 dengan margin normal (ke empat sisi margin-nye 2,54 cm) dengan besar sepasi 1,15 adalah 27 baris.

File apa saja yang bisa dibuat dan dibuka Microsoft Word?


Versi awal Microsoft Word bisa membuat dan menggunakan ekstensi file .doc, sementara untuk versi Word yang lebih baru bisa membuat dan menggunakan ekstensi file .docx.

Dan versi terbaru dari Ms. Word dapat membuat dan membuka jenis file berikut:


  • .doc, .docm, .docx
  • .dot, .dotm, .dotx
  • .htm, .html
  • .mht, .mhtml
  • .odt
  • .pdf
  • .rtf
  • .txt
  • .wps
  • .xps
  • .xml


Mengapa menggunakan Ms. Word dibanding editor teks biasa?


Microsoft Word menawarkan banyak fitur yang tidak ditemukan dalam editor teks biasa. Diantaranya kemampuan untuk mengubah format baris (misalnya, kiri, tengah, kanan, dan kanan-kiri), mengubah jenis font, ukuran, dan warna, menyisipkan gambar, dan banyak lagi.

Ms. Word vs WordPad?


Editor teks WordPad menawarkan banyak fitur dasar yang sama seperti Microsoft Word. Namun, Microsoft Word memiliki kemampuan dan fitur yang lebih canggih.

Beberapa fitur canggih yang tersedia di Word adalah bisa menggabungkan surat atau dokumen, pemeriksa ejaan, gaya, tabel, header & footer, WordArt, kolom, margin, dan banyak lagi.

Tips: Anda juga bisa mendapatkan editor teks WordPad di sistem Windows.
Baca juga:

Cara menambah Add-ins di Ms. Word

Share this article

Silakan tulis komentar Anda