Virtual Private Network (VPN) : Definisi & pengertiannya


Apa itu VPN?


Definisi VPN atau Virtual Private Network

Virtual Private Network adalah sebuah metode koneksi ke jaringan internet menggunakan mode keamanan dan privasi yang lebih baik. VPN biasa digunakan oleh perusahaan besar untuk melindungi data-data sensitif agar aman dan terhindar dari tindakn orang-orang tidak bertanggung jawab seperti peretasan dan lainnya.


Saat ini, VPN sudah banyak digunakan untuk kepentingan pribadi, karena lebih memberikan berbagai keuntungan dalam hal keamanan dan privasi. Selain itu, dengan menggunakan VPN IP seseorang bisa ditutupi, dan bisa mengakses situs yang dibatasi oleh geo lokasi.

Mengapa saya membutuhkan VPN?


  1. VPN bisa membunyikan alamat IP user. Pengguna bisa terhubung ke internet dengan alamat IP samaran yang diberikan penyedia VPN, tentu ini jauh lebih aman dan privasi. 
  2. Ubah alamat IP user. Menggunakan VPN hampir pasti menghasilkan alamat IP yang berbeda.
  3. Enkripsi transfer data. Virtual Private Network memberi perlindungan pada data user saat menggunakan jaringan WiFi publik.
  4. Menutupi lokasi pengguna. Dengan VPN, pengguna bisa memilih negara asal untuk koneksi Internet mereka.
  5. Akses situs web yang diblokir. Pengguna bisa menjelajahi situs web yang diblokir oleh pemerintah dengan VPN.

Keamanan menggunakan VPN


Faktor keamanan adalah alasan utama mengapa VPN itu penting. VPN menggunakan teknik tunneling dan enkripsi data yang aman saat pengguna mengakses internet. Gambaran sederhananya, firewall melindungi data pengguna saat di komputer dan VPN melindungi data pengguna saat berada di internet.