6 Tips terbaik untuk Xiaomi Redmi 5A yang perlu diketahui - ANGOPS

6 Tips terbaik untuk Xiaomi Redmi 5A yang perlu diketahui

Redmi 5A merupakan smartphne yang dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 dan unit baterai 3.000 mAh, dilengkapi dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Selain itu, harga Xiaomi Redmi 5A juga terbilang murah di kelasnya dengan kualitas yang cukup bagus.

Namun, spesifikasi yang bagus bukanlah segalanya untuk sebuah smatphone. Anda masih bisa meningkatkan berbagai fitur standar di Redmi 5A Anda untuk menambah pengalaman yang lebih baik lagi.

Untuk itu, Anda bisa mencoba 6 trik dan tip terbaik untuk HP Xiomi Redmi 5A yang ada di baah ini.

1. Kustomisasi warna dan kontras


Redmi 5A menampilkan layar HD 5 inci, sayangnya untuk layar standar terlihat agak kekuningan.

Untungnya, ponsel Android ini memberi Anda opsi untuk memilih dari tiga warna berbeda - Warm, Standard, dan Cool.

Untuk melakukan pengaturan ini masuk ke Settings > Display > Contras and colours, kemudian lakukan pengaturan yang Anda inginkan.

xiaomi-redmi-5a-atur-warna-dan-kontras

Pengguna dapat memilih salah satu dari dua level kontras yang berbeda. Meskipun level kontras tetap sama di seluruh opsi standar, tapi jika opsi kontras ditingkatkan maka akan menghasilkan tampilan yang lebih tajam.

2. Tweak / Sematkan panel pemberitahuan


Android Nougat dan MIUI 9 pada Redmi 5A telah menyajikan kustomisasi terbaik, mulai dari kemampuan audio stereo yang bagus, hingga kemampuan multitasking menggunakan layar terbagi.

Selain itu, penyesuaian notifikasi juga bisa dilakukan sesuai keinginan pengguna. Dan dapat menyesuaikan prioritas tertinggi untuk notifikasi dari aplikasi yang dikehendaki.

Caranya masuk ke Notifications and status bar settings > App notifications dan pilih aplikasi yang akan Anda prioritaskan, kemudian Anda akan dibawa ke halaman pengaturan untuk aplikasi tersebut.

app-notifications-xiaomi-redmi-5a

Di halaman pengaturan aplikasi yang dipilih, ketuk saklar ke posisi ON (berwarna orange) dibagian Priority. Anda juga bisa mengaktifkan fitur App icon badge, yang akan menampilkan titik kecil di atas aplikasi setiap kali ada pemberitahuan yang belum dibaca.

3. Menggunakan Skip swep screen


Fitur ini memungkin Anda untuk membuka Xiaomi Redmi 5A tanpa perlu melakukan swep screen (menggeser layar). Jika opsi ini diaktifkan, saat akan membuka ponsel Anda hanya perlu menekan tombol daya dan masukan sandi untuk membukanya.

skip-swipe-screen-xiomi-redmi-5a

Berbeda jika fitur swep screen tidak diaktifkan, saat akan membuka ponsel Anda harus menekan tombol daya > geser layar, dan memasukan kata sandi untuk membuka ponsel.

4. Beralih ke Read mode


Redmi 5A telah dilengkapi dengan Read mode atau Night mode jika di merek ponsel lain. Fitur ini akan mengurangi efek cahaya biru yang bisa merusak mata Anda.

Mode baca ini akan mengurangi efek cahaya biru dengan menambah warna kekuningan pada layar, sehingga lebih bisa menjaga kesehatan mata Anda. Anda juga bisa mengatur mode baca ini dengan jadwal waktu yang ditentukan, sehingga mode ini akan otomatis aktif sesuai waktu itu.

reading-mode-xiaomi-redmi-5a

Sangat cocok untuk mengaktifkannya di saat jam membaca ebook misalnya, atau mengecel email yang masuk.

Berbicara tentang ebooks, berikut adalah 7 Aplikasi Pembaca Ebook Terbaik untuk Android.

5. Menggunakan HP Xiaomi untuk remot IR


Redmi 5A telah dilengkapi dengan sensor Infra red, yang memungkinkan pengguna menggunakan ponsel sebagai remote universal.

Cara menggunakan Xiaomi sebagai remote juga sangat mudah, pengguna hanya perlu melakukan pengaturan di aplikasi Mi Remote, ketuk tombol Add remote dan pilih komponen yang akan diremot.

cara-remote-xiaomi-redmi-5a

Dan selanjutnya Anda bisa mengontrol device yang sudah tersambung dengan remote universal Xiaomi Redmi 5A tersebut.

6. Kunci aplikasi


Xiaomi Redmi 5A juga dilengkapi dengan fitur App Lock, yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi HP dengan sebuah pola atau dengan kata sandi. Fitur yang sangat praktis ini menjaga privasi Anda dari orang atau teman yang jahil ingin membaca chat WhatsApp atau pesan lain di ponsel Anda.

Untuk mengaktifkan fitur App Lock Xiaomi ini, buka Security > App Lock. Kemudian pilih aplikasi yang akan di kunci, dan atur pola keamanan.

Jika Anda punya fitur menarik lain tentang HP Xiaomi Redmi 5A ini, maka bisa tambahkan di kolom komentar.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda