Bezel - ANGOPS

Bezel

pengertian bezel pada ponsel dan laptop


Apa itu bezel?


Gambaran paling mudah dimengerti tentang bezel adalah sebuah fram atau bingkai yang melekat pada sebuah foto. Jika pada perangkat elektronik, seperti televisi, smartphone, monitor komputer, dan laptop, bezel merupakan semua bagian perangkat yang ada di depan selain layarnya.

Pada sebuah perhiasan, seperti cincin, gelang, bandul kalung, besi yang berfungsi sebagai pengikat batu permata bisa disebut dengan bezel.

Dan pada perangkat otomotif, bezel merupakan bagian yang mengelilingi cahaya pada lampu mobil atau motor, secara sederhana bodywork lampu yang mengitara cahaya adalah bezel.


Kelebihan perangkat tanpa bezel / bezel-less


Pengertian bezel-less dalam perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop merupakan desain layar yang hampir tanpa poni atau tepi disekitar layar. Ini biasa digunakan pada HP full screen dengan desain layarnya yang luas.

Selain itu, harga perangkat yang mengusung fitur bezel-less ini juga tergolong masih tinggi untuk sebagian brand tertenu.

Elegan dan mahal merupakan kesan yang tercermin dari perangkat tanpa ada bezelnya, sehingga lebih luas tampilan layarnya dan dapat menambah kenyamanan saat digunakan.


Kekurangan perangkat tanpa poni 


Walaupun memiliki kelebihan yang menarik dari segi tampilan, yaitu elegan dan kesan mahalnya. Perangkat yang minim atau nyaris tidak ada bezelnya memiliki berbagai kekurangan juga, misal saat ingin memasang cashin HP yang seringnya menutupi sebagian tepi layar smartphon.

Terkadang sering juga salah ketik karena sedikit sekali ruang yang tersisa untuk jari saat menggenggamnya.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda