Cara menyembunyikan aplikasi di Android apapun - ANGOPS

Cara menyembunyikan aplikasi di Android apapun

cara-menyembunyikan-aplikasi-di-android


Banyak pengguna HP ingin menyembunyikan aplikasi di ponsel mereka, baik karena alasan privasi atau untuk alasan lainnya. Terutama banyak ingin menyembunyikan chat WhatsApp agar tidak sembarang orang melihatnya.

Terlepas apapun alasan Anda ingin menyembunyikan aplikasi di HP, jika tertarik tentang cara menyembunyikan aplikasi di Android maka bisa ikuti panduan ini sampai akhir.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Android apapun


Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi di ponsel Android apa pun dengan dua metode di bawah ini, apa pun merek HP yang Anda gunakan. 

Metode pertama cocok untuk menyembunyikan aplikasi pra-instal yang tidak Anda gunakan, dan menyembunyikan aplikasi yang Anda gunakan tetapi ingin memastikan tidak ada orang lain yang mengetahuinya selain Anda sendiri.

Metode kedua, jauh lebih terbatas karena hanya bekerja dengan aplikasi sistem, yang merupakan aplikasi pra-instal yang tidak dapat dihapus instalasinya. Tapi tentu lebih simpel dan tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Gunakan Nova Launcher untuk menyembunyikan aplikasi HP


Banyak peluncur Android yang bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi hanya dengan beberapa ketukan saja. Dan rekomendasi kami adalah Nova Launcher, karena peluncur ini memiliki banyak fitur dan sangat cepat.

Nova Launcer Prime merupakan versi yang mendukung untuk fitur menyembunyikan app di smartphone Android, bukan versi yang gratis. Cukup bayar Rp. 65.000 maka Anda bisa menikmati berbagai fitur yang menarik dari launcer ini, termasuk sembunyikan data penting.

Setelah Anda menginstal Nova Launcher Prime dari Play Store, tetapkan sebagai peluncur default di Android Anda. Setelah selesai, buka App drawer dan buka Nova Settings app. Lalu buka App drawer > Hide App dan centang kotak di sebelah aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Aplikasi tetap bisa digunakan meskipun tersembunyi. Cukup buka App drawer, ketikkan nama aplikasi di kotak pencarian di bagian atas, dan jalankan aplikasi ketika muncul.

Petunjuk simpel langkah demi langkah hide aplikasi dengan Nova :

  1. Unduh Nova Launcher Prime.
  2. Jadikan sebagai peluncur default Anda.
  3. Buka aplikasi Pengaturan Nova.
  4. Buka App drawer > Hide app.
  5. Ceklis kotak di sebelah aplikasi (yang akan di sembunyikan).
  6. Untuk menggunakan aplikasi, ketik nama App di kotak pencarian App drawer.

Peluncur akan mengubah tampilan dan nuansa UI Android Anda, yang berarti ini bukan untuk semua orang.

Jika Anda menginginkan alternatif gratis untuk Nova Launcher Prime, kami sarankan Anda menggunakan Apex Launcher. Walaupun secara keseluruhan tidak sebagus Nova, tetapi Apex memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.


Menyembunyikan aplikasi di Android lewat Settings ponsel



Anda dapat menghapus / menyembunyikan aplikasi di smartphone dengan menonaktifkannya, dan tentunya aplikasi tidak akan dapat digunakan. Namun, metode ini hanya dapat digunakan untuk aplikasi sistem dan aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus.

Aplikasi yang di unduh dari Play Store tidak bisa di nonaktifkan, tapi bisa langsung dihapus.

Untuk menonaktifkan aplikasi, masuk ke pengaturan ponsel Anda, pilih opsi App & Notifications, lalu ketuk See all app (lihat semua aplikasi). Kemudian ketuk Disabled > Disabled app.

Perlu diingat bahwa tahap masuk ke opsi Settings dan penonaktifan aplikasi ini mungkin sedikit berbeda berdasarkan ponsel dan versi Android yang Anda gunakan.

Petunjuk singkat langkah demi langkah disabled aplikasi lewat pengaturan HP :

  1. Buka menu Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi Aplikasi & pemberitahuan / App & notifications.
  3. Ketuk Lihat semua aplikasi / See all app.
  4. Pilih aplikasi yang akan di nonaktifkan.
  5. Ketuk Disable diikuti oleh Disable app.
Nah, itulah bagaimana caranya menyembunyikan app di perangkat Android apapun. Kedua metode tersebut bisa dicoba diberbagai merek HP, seperti Xiaomi, Samsung Galaxy, dan merek ponsel lainnya.




Share this article

Silakan tulis komentar Anda