Near Field Communication (NFC) - ANGOPS

Near Field Communication (NFC)

near field communication adalah, apa itu nfc, untuk apa nfc

Apa itu NFC ?


Near Field Communication atau disingkat dengan NFC adalah sistem komunikasi nirkabel jarak pendek yang digunakan untuk koneksi antar perangkat mobile atau perangkat elektronik lain untuk berbagai tujuan tertentu.

Tidak seperti bluetooth atau wireless, komunikasi NFC menggunakan gelombang radio elektromagnetik sehingga untuk terhubung antara device tidak perlu pairing atau sejenisnya.

Apa fungsi NFC ?


NFC pada HP memiliki berbagai kegunaan yang bermanfaat, diantaranya seperti di bawah ini.

Koneksi ke device lain

Salah satu fungsi NFC adalah untuk bisa terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, syaratnya kedua perangkat harus memiliki chip NFC agar bisa saling koneksi. 

Dan proses koneksi antar perangkat tersebut juga sangat mudah, cukup mendekatkan dua perangkat atau menempelkannya. Tidak memerlukan pairing seperti pada bluetooth. 

Transaksi Cashless

Kemudahan transaksi saat berbelanja juga dapat kamu rasakan dengan metode pembayaran digital. Caranya cukup menempelkan barang yang akan kamu beli ke ponsel, maka barang sudah otomatis terbayar.

Mirip seperti saat menggunakan kartu e-Toll, hanya saja alat pembacanya adalah smartphone mu.

Kirim file atau data

Manfaat lainnya adalah untuk bertukar data, baik kontak telpon atau mengirim file. Pertukaran data menggunakan teknologi Near Field Communication ini dipopulerkan oleh Samsung.

Hanya cukup menempelkan kedua perangkat smartphone maka pertukaran data bisa berlangsung dengan cepat.

Kunci elektronik

Bisa membuka kunci rumah atau mobil dengan menempelkan ponsel ke pintu tentu lebih simpel dan lebih aman. 

Dan teknologi ini semakin dikembangkan agar tetap mudah diaplikasikan diberbagai perangkat lainnya. Tapi yang harus diperhatikan adalah jika ponsel kamu hilang, maka kehati-hatian adalah hal yang sangat penting sekali.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda