Cara Menghapus Semua Foto di iPhone & iPad - ANGOPS

Cara Menghapus Semua Foto di iPhone & iPad

cara hapus semua foto di iphone dan ipad, delet foto iphone

Bagaimana cara menghapus semua foto dari perangkat iPhone dan iPad? Mengingat di iOS atau iPadOS tidak menyediakan opsi untuk menghapus semua foto sekaligus.

Angops punya trik praktis yang bisa dilakukan untuk menghapus semua foto sekaligus dari smartphone iPad ataupun iPhone Anda.

Menghapus semua foto dari smartphone biasa dilakukan jika seseorang ingin menjual ponsel bekas mereka, atau ketika ingin mengosongkan memori karena foto telah di backup ke penyimpanan online.

Cara Hapus Semua Foto di iPhone dan iPad

Sebelum Anda benar-benar menghapus semua foto dan gambar dari perangkat iPhone ataupun iPad, sebaiknya buatlah backup semua gambar serta foto Anda.

Jika belum tahun cara membuat cadangan di iPhone atau iPad, Anda bisa mencoba membacanya panduannya cara menyalin dan impor foto ke Mac, atau cara mentransfer foto dari iPhone ke PC Windows 10.

Proses hapus foto di perangkat iOS membutuhkan dua langkah kerja, karena foto dan gambar akan ditampung pada folder "Recently Deleted" seperti Recycle Bin pada sistem Windows.

  1. Silahkan buka aplikasi Photos di layar utama iPhone atau iPad Anda.
  2. Dalam aplikasi Photos, tap menu Photos dibagian kiri bawah.
  3. Pastikan pilih All Photos, bukan (Years, Months, Day). Dan ketuk Select di sudut kanan atas layar.
  4. Tap dan tahan jari Anda secara diagonal dari sudut kanan bawah ke sudut kiri atas untuk memilih semua foto di galeri secara otomatis. Atau bisa dilih satu persatu jika Anda mau.
  5. Setelah semua foto ditandai, ketuk ikon bak sampah "Bin" di sudut kanan bawah layar.
  6. Kemudian konfirmasi penghapusan, "Deled Items". Semua foto akan dipindahkan ke folder Recently Deleted.
  7. Sekarang pindah ke bagian Albums di aplikasi Photos Anda. Dan di bagian Other Albums pilih folder Recently Deleted.
  8. Lalu pilih Select di pojok kanan atas layar iPhone Anda.
  9. Kemudian tap Delete All di pojok kiri bawah layar, ini akan menghapus semua foto secara permanen dari memori perangkat Anda.

Sebetulnya, iOS memiliki fitur hapus otomatis setiap foto yang ada di folder Recently Deleted tanpa perlu tindakan apapun dari pengguna. Semua foto atau gambar yang ada di folder tersebut akan bertahan selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus otomatis.

Fitur tersebut berguna untuk antisipasi jika pengguna tanpa sengaja menghapus foto mereka, dan bisa mengembalikannya sebelum melewati waktu 30 hari.

Jika perangkat Anda tersinkronisasi dengan iCloud, akan lebih mudah untuk mencadangkan semua foto Anda. Tapi juga perlu diingat bahwa saat menghapus foto di iCloud juga akan menghapus foto pada perangkat Apple lain yang tersinkron dengan akun iCloud yang sama.

Saat Anda ingin menjual smartphone iPhone atau iPad Anda, pastikan telah mencadangkan foto secara fisik ke komputer dengan mendownloadnya dari iCloud terlebih dulu. 

Atau gunakan penyimpanan online lain untuk backup foto Anda seperti Google Drive dan Dropbox. Jika suatu saat dibutuhkan, Anda bisa memulihkan foto Anda dari penyimpanan online tersebut.

Nah, itulah langkah demi langkah bagaimana cara menghapus semua foto dari perangkat iPhone dan iPad Anda. Hapus foto di iOS memang sedikit lebih panjang prosesnya dibandingkan menghapus foto di perangkat Android. 

Panduan di atas menggunakan perangkat iPhone X, mungkin ada sedikit perbedaan langkah-langkahnya jika dilakukan pada versi perangkat yang lebih lama.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda