Cara Mengambil Screenshot di iPhone 8 & iPhone 8 Plus - ANGOPS

Cara Mengambil Screenshot di iPhone 8 & iPhone 8 Plus

Bagaimana cara melakukan screenshot di iPhone 8? Tangkapan layar sangat berguna untuk berbagai keperluan misalnya untuk menunjukan bukti transfer saat Anda mengirim uang dengan mobile banking, merekam momen kemenangan saat bermain game, membuat bukti percakapan WhatsApp dan lainnya.

Walaupun Anda pengguna baru, mengambil tangkapan layar di smartphone iPhone caranya cukup mudah dan sederhana. 

Cara Mengambil Tangkapan Layar / Screenshot di iPhone 8 & iPhone 8 Plus

cara mengambil screenshot di iphone 8, tangkapan layar iphone


Langkah 1:  Tekan tombol Samping (sebelumnya disebut tombol Sleep / Wake atau Power) di iPhone 8 atau iPhone 8 Plus Anda.

Langkah 2: Pada saat bersamaan, segera tekan tombol Home.

Langkah 3: Layar iPhone Anda akan berkedip sekali dan suara rana akan berbunyi (jika iPhone tidak dalam mode bisu) untuk mengetahui bahwa tangkapan layar telah diambil dan disimpan di memori perangkat Anda.

Jika tombol Sleep / Wake dan Home gagal ditekan secara bersamaan, maka iPhone akan menjalankan perintah lain seperti mengunci perangkat atau mengaktifkan Siri. Jadi pastikan kedua tombol tersebut Anda tekan secara bersamaan.

Cara Mengambil Screenshot dengan Assistive Touch

Jika cara pertama cukup ribet untuk di lakukan, Anda juga bisa mencoba metode kedua yang memanfaatkan Assistive Touch. 

Langkah 1: Aktifkan fitur Assistive Touch pada iPhone Anda. Buka Settings App dan pergi ke General -> Accesibility -> Assistive Touch.

Langkah 2: Nyalakan sakelar disamping kanan AssistiveTouch dengan geser tombol ke kanan sampai menjadi warna hijau.

Langkah 3:  Pada layar yang sama, Anda akan menemukan opsi "Customize Top Level Menu". Ketuk opsi tersebut untuk membukanya.

Langkah 4:  Ketuk tombol custom yang ditunjukkan oleh ikon bintang, kemudian pilih Screenshot dari daftar yang muncul.

Langkah 5:  Setelah berhasil menambahkan opsi Screenshot / tangkapan layar ke menu Assistive Touch, selanjutnya Anda dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan ketukan jari saja. Caranya ketuk tombol Assistive Touch diikuti oleh tombol Screenshot.

Cara Memlihat dan Membagikan hasil Screenshot yang tersimpan di Iphone

Tangkapan layar yang telah Anda ambil dapat dibagikan melalui berbagai media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lainnya. Caranya seperti di bawah ini.

Langkah 1: Buka aplikasi Photos di iPhone Anda.

Langkah 2: Buka Album dan ketuk Screenshot untuk membuka hasil tangkapan layar iPhone Anda.

Langkah 3: Gulir ke bawah sampai akhir album untuk menemukan tangkapan layar yang tersimpan diperangkat Anda. Ketuk gambar hasil screenshot untuk membukanya.

Langkah 4:  Tekan ikon bagikan di sudut kiri bawah (ikon panah ke atas), untuk membagikan tangkapan layar ke jejaring sosial Anda.

Cara Pratinjau Screenshot di iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Saat mengambil tangkapan layar di iPhone, Anda akan melihat pratinjaunya di sudut kiri bawah.

Ketuk sekali untuk membagikan atau mengeditnya. Tetapi jika Anda tidak ingin melakukan apa pun, cukup geser ke arah mana saja dari layar untuk menghilangkannya.

Cara Crop Foto Hasil Screenshot di iPhone 8 atau iPhone 8 Plus

Layar Markup Instan bisa memudahkan pengguna iPhone 8 untuk melakukan croping gambar atau foto hasil screenshot.

Anda cukup menggeser kotak pemotong (seperti di software Photoshop), dan sesuaikan dengan area foto yang akan dipilih. Selanjutnya ketuk dan tahan tepi bingkai tersebut dan pindahkan ke dalam. Dengan begitu foto Anda telah terpotong.

Nah, itulah langkah-langkah mengambil tangkapan layar atau screenshot di smartphone iPhone 8 dan 8 Plus. Jika Anda merasa kelusitan mempraktekan cara di atas, silahkan berkomentar di kolom yang telah tersedia.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda