Bagaimana cara restart iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus? Walaupun sudah lewat masa populernya, iPhone 6 masih ada yang menggunakannya. 

Jika Anda salah satu orang yang masih menggunakan iPhone seri 6, dan ingin tahu cara melakukan restart pada smartphone Apple Anda maka baca artikel ini sampai selesai.

Seiring bertambahnya usia ponsel, banyak masalah yang sering muncul. Dan melakukan reboot pada ponsel adalah salah satu solusi sederhana dan mudah untuk memperbaikinya.  

Beberapa masalah iPhone 6 yang bisa diatasi dengan me-restart perangkat

cara hard restart iphone 6, reset pabrik ihpone 6

Mem-boot ulang iPhone 6 Anda berarti mematikan perangkat lalu menghidupkannya lagi. Biasanya berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel seperti:

  1. Ponsel lemot.
  2. Cepat panas.
  3. Blank.
  4. Dan ponsel tidak merespon apapun.

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan restart perangkat seluler Anda, biasanya iPhone 6 Anda akan bekerja normal lagi. Jika itu tidak bisa mengatasi masalah, Anda bisa menggunakan mode DFU untuk mengatasinya.

Cara Sederhana Melakukan Restart biasa / Reboot di iPhone seri 6

  1. Power off: Tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik. Selanjutnya akan muncul pesan: "Slide to power off". Silahkan geser slider untuk mematikan iPhone 6 Anda.
  2. Power on: Tekan dan tahan tombol power sekali lagi selama beberapa detik. Logo Apple akan terlihat saat iPhone mulai booting.

Cara force restart iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus


Saat iPhone anda bermasalah dan layar blank hitam, maka Anda tidak dapat melakukan soft restart ponsel Anda. Untuk itu Anda perlu melakukan force restart iPhone 6 Anda, atau hard reset ke setelan pabrik. Caranya:

  1. Tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan tombol Home beberapa detik, sampai layar mati atau hitam.
  2. Tetap tahan sampai layar nyala lagi. 
  3. Setelah logo Apple muncul, lepaskan kedua tombol (Power dan Home), dan iPhone Anda akan restart.

Kapan Harus Melakukan Soft Restart dan Force Restart iPhone 6 Anda?


Soft restart atau reboot biasa pada iPhone 6 (yaitu mematikan dan menghidupkan kembali ponsel Anda) ideal untuk situasi ketika telepon Anda bermasalah seperti tidak responsif, lambat, dan berjalan tidak normal. Dan force restart iPhone 6 digunakan ketika ponsel Anda tidak memungkinkan Anda untuk melakukan restart biasa. 

Jika ponsel tidak dapat dimatikan menggunakan tombol daya, Anda harus mem-boot ulang paksa iPhone Anda. Ini terjadi ketika tombol daya di iPhone tidak merespon perintah, atau saat layar tidak merespons (sehingga Anda tidak dapat menggeser untuk mematikan) atau saat iPhone 6 Anda macet total.

Apa Perbedaan Antara Soft Restart, Force Restart, dan Mode DFU iPhone 6?


Soft restart dikenal juga dengan reboot sederhana, Anda cukup mematikan dan menghidupkan lagi perangkat seluler Anda. Merestart ponsel dengan cara ini sangat aman, karena tidak menghapus informasi apapun dari smartphone Anda. Jika setelah nyala ponsel masih bermasalah, mungkin Hard restart diperlukan.

Force restart atau hard restart, juga dikenal sebagai reset pabrik, proses ini akan menghapus semua informasi dari smartphone Anda. Sebaiknya lakukan backup semua data iPhone 6 Anda sebelum melakukan hard restart.

Jika melakukan hard restart masih tidak bisa mengatasi permasalahan pada ponsel Anda, maka bisa menggunakan mode DFU iPhone 6.

Selamat mencoba.

Baca juga: