Cara Atur Google Docs Menjadi Publik & Bisa di Edit Siapapun - ANGOPS

Cara Atur Google Docs Menjadi Publik & Bisa di Edit Siapapun

Untuk membuat Google Doc menjadi publik dan bisa diakses melalui web oleh siapapun bisa dilakukan melalui dengan mengubah hak akses file Google Docs Anda. File yang Anda buat di Google Docs bisa diakses oleh siapa pun yang memiliki tautannya, atau orang bisa mencari dan menemukan file anda di internet.

Membuat dokumen dan membagikannya secara publik, hanya membutukan beberapa langkah dan klik saja, lihat panduan selengkapnya sampai selesai.

Cara Membuat Dokumen/File menjadi publik dan editable di Google Docs

cara merubah hak akses google doc jadi publik

Langkah 1

Masuk ke akun Google Docs Anda, dan buka file atau dokumen yang akan Anda seting menjadi publik.

Langkah 2

Klik tombol berbagi Share berwarna biru di sebelah ikon profil Google Anda.

cara mengatur google doc jadi publik

Langkah 3

Selanjutnya jendela ijin berbagi akan muncul. Ada dua opsi pilihan, "Share with people and group" serta  "Get link". Silahkan Anda pilih Get link.

cara menghilangkan minta akses pengeditan di google form

Langkah 4

Secara default, dokumen Anda diatur sebagai publik dan hanya bisa dilihat saja. Tapi Anda bisa mengaturnya agar orang lain bisa berkomentar atau mengedit dokumen Anda, dengan cara klik segitiga kecil di sebelah tulisan Viewer > lalu pilih Commenter/Editor.


Cara Membuat Dokumen Google menjadi publik dan editable lewat Google Drive

Langkah 1

Buka Google Drive, masuk menggunakan akun Google Anda. Pastikan akun Drive yang Anda gunakan adalah akun tempat menyimpan dokumen Google yang akan Anda bagikan secara publik.

Langkah 2

Klik kanan pada dokumen yang akan Anda bagikan ke publik, dan pilih Share. Atau cukup klik dan pilih ikon Share di sebelah kanan nama folder Google Drive Anda.

Langkah 3

Selanjutnya jendela ijin berbagi akan muncul. Anda bisa melakukan pengaturan disini, akan membuat dokumen Google Anda menjadi publik atau terbatas untuk orang yang Anda inginkan saja.

Langkah 4

Untuk mengatur dokumen menjadi publik, pilih Get Link. Secara default, dokumen diatur secara publik dan hanya bisa dilihat saja. Anda bisa mengatur agar orang bisa berkomentar, atau bisa mengeditnya dengan klik anak panah kecil disamping tulisan Viewer > lalu pilih Commenter/Editor.

Langkah 5 

Klik Copy link untuk disebarkan ke orang lain, dan klik Done untuk mengakhiri proses membuat dokumen Google Anda menjadi publik.

Nah, itulah cara untuk membuat dokumen atau file Google Docs menjadi publik dan bisa di edit oleh orang lain. Dengan mengatur hak akses dokumen menjadi publik maka Anda telah menghilangkan ijin minta akses pengeditan di Google Docs, dan orang lain bisa leluasa untuk mengedit file Anda.


Baca juga:

Share this article

Silakan tulis komentar Anda