Agar dokumen Anda semakin terlihat profesional, maka perlu memaksimalkanya dengan memasukan berbagai unsur pendukung seperti tabel data dan grafik. Dengan begitu dokumen Google Anda bisa lebih mudah dipahami oleh orang lain yang membaca file Google Docs Anda.

Seperti di Microsoft Word, Google Docs juga mendukung penggunaan grafik di dalam dokumen. Bagaimana cara membuat atau menambahkan grafik ke dokumen yang Anda buat di Google Docs? 

Anda dapat membuat diagram atau grafik dengan berbagai bentuk seperti Line, Bar, Column, dan Pie. Anda juga bisa mengimpor grafik dari Spreadsheet, baca sampai akhir untuk mengetahui langkah-langkah menambah grafik di Google Doc.


Daftar isi:

Cara Membuat Grafik / Diagram di Google Docs

membuat grafik di google docs

Langkah 1

Buka file Google Docs Anda lewat browser, pastikan login menggunakan akun Google Anda.

Langkah 2

Pilih opsi Insert pada menu bar, lalu pilih Chart.

cara membuat grafik di google docs

Langkah 3

Pilih jenis Graph yang akan Anda tambahkan ke dokumen, ada lima opsi grafik yang dapat digunakan. (Bar, Column, Line, Pie, atau import dari Spreadsheet).

Langkah 4

Klik salah satu untuk memilih jenis grafik yang akan digunakan, selanjutnya grafik akan ditambahkan ke dalam dokumen Anda.

Setelah langkah ke empat, proses pembuatan grafik Anda telah berhasil. Namun Anda masih perlu melakukan penyesuaian grafik dengan data yang Anda miliki, Anda perlu mengedit data dan variabel grafik tersebut.


Menyesuaikan dan Mengedit Data Grafik di Google Docs

Agar grafik yang ditambahkan ke Google Doc sesuai dengan data milik Anda, maka perlu melakukan pengeditan pada diagram yang dibuat. Caranya bisa Anda lihat seperti berikut ini.

Langkah 1

Klik grafik, maka grais biru akan muncul mengelilingi grafik. 

Langkah 2

Untuk memperbesar atau memperkecil grafik, arahkan kursor ke titik kotak kecil berwarna biru di tepi grafik hingga berubah menjadi dua anak panah yang berlawanan. Klik dan tahan, kemudian geser ke dalam untuk memperkecil dan geser ke luar untuk memperbesar grafik.

Langkah 3

Sedangkan untuk merubah data, klik grafik. Tepi grafik akan berwarna biru dengan titik kotak kecil disetiap sisinya. Klik tombol Linked chart options di sudut kanan atas grafik, dan pilih Open source.

cara menambahkan grafik di google doc

Langkah 4

Selanjutnya browser akan membuka tab baru dengan halaman Spreadsheet yang berisi data grafik, ubah data dan variable pada tabel tersebut sesuai kebutuhan Anda.

edit grafik di google docs

Langkah 5

Setelah selesai memasukan data, kembali ke tab Google Docs. Pada grafik klik tombol Update tepat di sebelah kiri tombol Linked chart options

cara menyisipkan grafik di google docs

Jika Anda tidak melakukan perubahan data pada grafik tombol Update tidak akan muncul.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Anda dapat membuat sebuah grafik pada Google Docs. Anda juga bisa memodifikasi grafik sesuai dengan data yang Anda miliki, sehingga dokumen Anda lebih bagus dan profesional karena tidak berisi teks saja.

Grafik pada Google Docs juga bisa diatur posisinya agar serasi dengan teks dalam dokumen, Anda bisa menggunakan opsi In Line, Wrap Teks, ataupun Break Teks.

Silahkan atur dan sesuaikan sebaik mungkin agar Google Docs yang Anda buat semakin bagus dan mudah dipahami orang lain.

Selamat mencoba.