Cara Menyisipkan Text Box di Google Docs - ANGOPS

Cara Menyisipkan Text Box di Google Docs

Google Docs bukan sekedar aplikasi pemroses kata biasa yang bisa menangani kalimat dan paragraf saja. Pengguna juga bisa menambahkan gambar, membuat grafik, atau menambahkan video, dan menambahkan text box untuk menyoroti kutipan menarik sehingga dokumen terlihat profesional.

Dan Angopscom pada artikel akan menunjukan pada Anda langkah demi langkah bagaimana cara menyisipkan text box di Google Docs agar pekerjaan Anda semakin terlihat profesional. 


Cara Menyisipkan Text Box di Google Docs

cara menyisipkan text box di google docs

Bagaimana Anda memasukan sebuat text box pada file yang Anda buat di Google Doc? Untuk mengetahui caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk menambah text box ke Google Doc Anda adalah memanfaatkan opsi Drawing. Buka dokumen Google Anda, klik tab Insert > lalu pilih Drawing.

Langkah 2

Kemudian pilih tombol +New, ini akan memunculkan jendela Drawing dan toolbar tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan textbox.


Langkah 3

Pilih ikon text box (kotak dengan huruf T didalamnya) pada toolbar dan kursor akan berubah menjadi tanda plus (+) saat di arahkan ke area gambar.


Langkah 4

Klik di area gambar, tahan dan geser maka textbox akan terbentuk. Selanjutnya Anda bisa memasukan teks ke dalam kotak tersebut.

Langkah 5

Anda juga bisa mengedit textbox dengan mengkliknya, menggeser posisi ke kanan/kiri, ke atas/bawah.

Langkah 6

Jika sudah klik Save and Close untuk mengakhiri proses.

Cara Mengedit text box di Google Docs


Jika Anda ingin melakukan perubahan pada teks yang telah di masukan ke dokumen, caranya cukup klik text box. Selanjutnya kotak biru akan muncul, klik Edit untuk merubah teks yang Anda inginkan. Anda akan dibawa ke halaman drawing lagi untuk mengedit teks.



Anda juga dapat memperkecil, meperpanjang, dan memutar textbox dengan menarik atau memutar titik kecil digaris kotak biru tersebut. Wrap Text, In Line, dan Break Text juga bisa Anda gunakan untuk mengatur posisi teks dokumen Google disekitar textbox.

Begitu juga dengan image yang di masukan ke textbox, Anda bisa mengedit dan menyesuaikan posisinya disekitar teks dokumen. Mulai Juli 2019 pengguna Google Docs seluler tidak bisa mengedit text box melalui ponsel mereka, walaupun bisa dihapus atau copy. 


Share this article

Silakan tulis komentar Anda