Google Docs Download: Unduh Dokumen sebagai PDF/Word - ANGOPS

Google Docs Download: Unduh Dokumen sebagai PDF/Word

Google Documents adalah alat pengolah kata yang bagus untuk membuat dokumen online, tapi Anda mungkin ingin membagikanya ke orang lain yang tidak menggunakan Google Drive. Untungnya Anda bisa mengunduh dokumen sebagai file PDF atau Word dan bisa membagikannya dengan mudah. 

Atau Anda bisa mengirimkannya sebagai lampiran dalam bentuk PDF atau Word ke orang yang dinginkan hanya dengan beberapa langkah saja.

Di panduan ini Angops.com akan menunjukan kepada Anda langkah demi langkah mengunduh file Google Doc untuk membagikannya sebagai PDF atau Word.


Cara Mengunduh Google Docs sebagi file Word / PDF

google docs download


Anda bisa mengunduh file dari Google Docs dengan beberapa metode, unduh langsung ke desktop Anda atau mengirimkan file sebagai lampiran email dan mengunduhnya. 


Email Google Doc sebagai PDF / Word doc:

Langkah 1

Start Google Docs Anda, dan masuk menggunakan akun Google tempat dokumen yang akan dibagikan tersimpan.

Langkah 3

Pilih menu File, lalu klik "Email as attachment" pada menu drop-down yang muncul.

Langkah 4

Pada lembar pengiriman email, isi alamat email penerima dan pilih format dokuen yang akan dilampirkan. Secara default dokumen dilampirkan dalam format PDF, tapi Anda bisa mengubahnya ke Word, Text, dan lainnya.

Langkah 5

Selanjutnya, isi subjek dan catatan ke dalam email Anda jika diperlukan. Lalu klik Send, maka dokumen Anda akan dikonversi dan dikirim melalui email ke penerima.


Unduh Google Doc dan bagikan sebagai PDF / Word doc

Selain mengirimkan sebagai lampiran email, Anda juga bisa mengunduh file sebagai file Word doc atau PDF. Lalu membagikannya ke orang Anda inginkan, caranya sebagai berikut:

Langkah 1

Klik menu File > pilih item "Download".

Langkah 2

Selanjutnya Anda dapat memilih dokumen Word atau PDF untuk mengunduh file dalam format itu. Tapi Anda juga memiliki beberapa opsi lain yang dapat dipilih untuk mengunduh dokumen.

Dengan kedua cara di atas, Anda bisa mengunduh dan membagikan dokumen Google ke orang yang Anda tentukan. Bahkan kepada mereka yang tidak memiliki akun Google Drive juga dapat menerima dokumen Anda.


Baca juga:

Share this article

Silakan tulis komentar Anda