Apa yang dapat di lakukan saat Anda jauh dari rumah dan perlu online dengan laptop atau tablet, tetapi tidak ada koneksi Wi-Fi? Dalam situasi itu, fitur tethering pada ponsel cerdas Anda dapat membantu.

Tapi apa itu tethering, dan bagaimana Anda mengaturnya? Panduan ini akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang cara menambatkan iPhone, iPad, dan HP Android.

Apa itu tethering?

cara-tethering-di-hp-android-iphone-ipad

Penambatan atau tethering adalah menyambungkan koneksi internet dari jaringan seluler ke perangkat lain baik itu smartphone ataupun PC dan notebook. SIM card seluler digunakan sebagai modem broadband. Koneksi jaringan seluler dari ponsel atau tablet dibagikan dengan perangkat keras apa pun yang mampu menghubungkannya.

Jadi, jika Anda memiliki perangkat seperti laptop atau tablet yang tidak memiliki kartu SIM atau akses ke koneksi data lainnya, Anda dapat online menggunakan tautan jaringan seluler dari ponsel cerdas atau tablet.

Penambatan bisa sangat berguna jika Anda membutuhkan internet dalam keadaan darurat, atau sebagai alternatif bisa juga menggunakan dongle broadband seluler terpisah.

Bagaimana cara kerja tethering?

Penambatan seluler menyediakan koneksi ke ponsel atau tablet, yang dapat digunakan perangkat lain untuk mendukung sinyal seluler supaya bisa terkoneksi dengan internet.

Penambatan dapat dilakukan menggunakan Bluetooth atau USB, tetapi metode yang paling mudah - dan yang akan dibahas pada panduan ini - adalah penambatan Wi-Fi; juga sering dikenal sebagai "hotspot pribadi", "hotspot seluler", atau "sharing Wi-Fi" dan di Indonesia sering disebut "tethering" saja. 

Dengan hotspot pribadi, perangkat yang ditambatkan membuat jaringan Wi-Fi yang dapat digunakan perangkat keras lain yang mendukung Wi-Fi. Karena Wi-Fi didukung secara luas, ini adalah cara mudah untuk menyediakan akses internet ke apa pun mulai dari laptop hingga konsol game.

Perangkat dan sistem operasi apa yang mendukung penambatan/thetering?

Sistem operasi berikut secara native mendukung tethering melalui Bluetooth atau USB:

  • Android 2.2+
  • Apple iOS 3.0+
  • Windows Mobile 6.5
  • Windows Phone 7

Sistem operasi berikut secara native mendukung penambatan Wi-Fi:

  • Android 2.2+
  • Apple iOS 4.2.5+ (didukung oleh iPhone 4 dan iPad 3rd Gen dan versi yang lebih baru)

Namun, dukungan untuk penambatan bervariasi tergantung pada perangkat dan jaringan. Tidak setiap pabrikan menawarkan fitur yang sama, tapi hampir semua merek ponsel saat ini telah mendukung fitur tethering.

Penambatan dapat dilakukan dengan utilitas perangkat lunak pihak ketiga, termasuk sistem operasi seluler yang lebih lama dan kurang populer seperti Symbian dan MeeGo. Tetapi untuk panduan ini, angops.com hanya akan membahas fitur tethering hotspot Wi-Fi bawaan yang ada di smartphone Android dan Apple iOS (iPhone & iPad).

Cara mengatur thetering Wi-Fi di Android, iPhone, dan iPad

Meskipun mudah untuk mengatur penambatan, namun setiap ponsel memiliki perbedaan walaupun tidak besar disesuaikan dengan merek dan versinya. Tapi secara umum melakukan thetering di HP Android dan iPhone serta iPad memiliki langkah yang tidak jauh berbeda, berikut adalah langkah umum untuk mengatur penambatan di berbagai sistem smartphone.

1. Cara Thetering HP atau tablet Android

Untuk panduan ini, dilakukan menggunakan Samsung Galaxy S10 yang dengan sistem operasi Android 9. Mungkin pada versi dan model Samsung yang berbeda atau pada merek ponsel yang berbeda, fitur penambatan memiliki nama yang berbeda dan terletak pada menu yang berbeda juga.

Berikut cara sharing koneksi internet lewat tethering Wi-Fi di HP Android Samsung Galaxy S10:

  • Buka menu Settings > Connections
  • Ketuk Mobile Hotspot and Tethering.
  • Lalu ketuk Mobile Hotspot.
  • Catat nama Wi-Fi and password. 
  • Geser saklar "Mobile Hotspot" ke posisi On
  • Lalu pada perangkat yang ingin Anda sambungkan, pindai jaringan hotspot Wi-Fi, dan masukkan kata sandi saat diminta. 

Beberapa perangkat Android yang lebih baru mungkin juga menyediakan tombol sakelar hotspot Wi-Fi di pusat pemberitahuan, jadi Anda tidak perlu melalui menu pengaturan untuk mengaktifkan / menonaktifkan kecuali Anda ingin mengubah pengaturan. 

Cukup geser ke bawah pada layar utama ponsel, pada pusat kontrol cari dan ketuk tombol hotspot ke posisi ON. Anda juga dapat mengubah kata sandi Wi-Fi, dan beserta nama jaringan juga. Caranya seperti berikut:

  • Dalam menu Mobile Hotspot, ketuk Menu > Configure Mobile Hotspot.
  • Masukkan nama jaringan Wi-Fi.
  • Masukkan kata sandi jaringan Wi-Fi.
  • Jika belum dikonfigurasi, setel keamanan / enkripsi ke ' WPA2 '.
  • Save / simpan pengaturan.

Cara mengaktifkan tethering iPhone atau iPad

  • Untuk menggunakan penambatan Wi-Fi di iPhone dan iPad, ikuti langkah-langkah berikut: 
  • Buka Settings
  • Ketuk Personal Hotspot
  • Lalu ketuk tombol "Personal Hotspot" ke posisi On.

Pada perangkat smartphone atau PC yang ingin Anda sambungkan, pindai jaringan hotspot Wi-Fi, dan masukkan kata sandi saat diminta.  

Kata sandi dibuat secara otomatis, tetapi Anda dapat mengubahnya dengan satu ketukan. Tidak ada opsi untuk mengubah nama jaringan Wi-Fi di iPhone dan iPad, ini karena terhubung ke nama perangkat Anda. 

Nah, itulah cara mengaktifkan fitur tethering di HP Android, iPad, dan iPhone. Jika Anda masih mengalami kesulitan mengenai cara sharing wifi di ponsel Android ataupun iOS maka bisa tanyakan melalui kolom komentar, angopscom akan membantu sebisa mungkin.