Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu Online dan Ofline - ANGOPS

Cara Menggabungkan File PDF Jadi Satu Online dan Ofline

cara-menggabungkan-file-pdf-online-dan-offline


Menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu merupakan pekerjaan yang sederhana. Namun sulit bagi orang yang tidak tahu caranya.

File PDF sering digunakan sebagai dokumen resmi online, jadi mengetahui cara mengonversi file PDF ke format lain atau dari format lain ke PDF (mis. PDF ke Word, PDF ke JPG, dll.) sangat penting di ketahui. Begitu pula mengatur banyak file PDF menjadi satu dokumen.

Di artikel ini kami akan memberitahu Kamu cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, apa pun platform yang di gunakan dan yang lebih menarik kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Panduan ini dapat kamu coba pada sistem Windows, Mac OS, dan lainnya. Sesuikan jenis panduan dengan sistem yang kamu gunakan.

Cara Mudah Mengabungkan File PDF


Menggunakan Software Adobe Acrobat DC Free edition (Windows)


menggabungkan-pdf-di-windows-angops


Adobe Acrobat DC merupakan editor PDF terbaik yang dapat di unduh. Acrobat DC adalah perangkat lunak premium, artinya Kamu harus membayar untuk hak istimewa menggunakannya. Untungnya, ada uji coba gratis yang dapat Kamu gunakan. Walaupun versi gratis, tapi sangat membantu untuk menggabungkan beberapa file PDF dan pekerjaan lain berkaitan dengan PDF.


  1. Unduh dan instal uji coba gratis Adobe Acrobat DC.
  2. Setelah terinstal, buka perangkat lunak dan klik tab "Tools" di sudut kiri atas.
  3. Klik tombol Combine Files  .
  4. Klik tombol Tambah File biru (Add file) dan pilih dokumen PDF yang ingin Kamu gabungkan.
  5. Setelah memilih PDF yang akan digabungkan, klik  tombol Combine biru di sudut kanan atas.
  6. PDF Kamu sekarang telah digabung menjadi satu. Yang perlu di lakukan adalah menyimpannya ke lokasi baru, dengan cara File > Save As > tentukan nama file pdf dan lokasi penyimpanannya.
Perlu dicatat bahwa metode ini berfungsi untuk semua jenis file, bukan hanya PDF

Jika cara pertama cukup ribet karena harus download dan instal Adobe Acrobat DC, maka teruslah membaca cara menyatukan pdf dibawah ini.

Sebagai alternatif, lihat beberapa opsi online di bawah panduan ini. Semuanya gratis dan sama efektifnya dalam menggabungkan file PDF bersama.


2. Menggabungkan PDF di Mac


gabungkan-pdf-di-mac-angops


Versi terbaru Mac OS memungkinkan Anda menggunakan Pratinjau untuk menggabungkan PDF. Cara ini tidak membutuhkan software tambahan sehingga lebih mudah dilakukan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggabungkan file PDF di MAC os.


  1. Buka PDF yang akan digabungkan menggunakan Preview.
  2. Klik “View” lalu centang “Thumbnail”, sidebar akan muncul.
  3. Nah drag file pdf yang akan digabungkan ke sidebar yang sudah terbuka, bisa ditempatkan di awal atau akhir atau disisipkan di tengah.
  4. Drag dan geser file pdf ke dalam sidebar yang terbuka tadi, file bisa di letakan di awal, di akhir, atau di sisipkan ditengah.
  5. Save untuk menyimpan hasil penggabungan file pdf, atau gunakan tombol “cmd” “s”.


Dengan cara ini anda bisa menggabungkan file JPG ke dalam PDF, tinggal drag dan geser gambar ke sidebar.

3. Menggabungkan PDF Secara Online


Bila cara-cara di atas cukup membuat anda pusing, maka dengan cara ini proses menggabungkan file PDF sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan file PDF yang akan digabungkan > meng-upload file ke situs untuk menggabungkan PDF.

Beberapa situs yang dapat digunakan untuk menggabungkan file PDF seperti dibawah ini:

PDFMerge
PDF Joiner
Smallpdf
Gabung Foxyutil PDF

Demikianlah bagaimana cara menggabungkan atau menyatukan beberapa file PDF menjadi satu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda