Tips Membuat Password Laptop Yang Kuat Dan Efektif - ANGOPS

Tips Membuat Password Laptop Yang Kuat Dan Efektif

Tips-membuat-password-laptop-jadi-lebih-kuat-angops.com



Jika Anda sering bepergian dengan membawa laptop atau sekedar menggunakannya di area yang tidak aman, sebaiknya Anda harus membuat password laptop yang kuat dan aman, dan mengubahnya secara berkala untuk meminimalisir pencurian data serta bahaya lainnya.

Untuk cara mempassword laptop pada sistem Windows, Anda bisa membaca artikel Angops sebelumnya yang berjudul "Cara Membuat Password Di Laptop Untuk Maksimalkan Keamanan", ini sangat membantu dalam memilih kata sandi yang tepat untuk komputer Anda.

Tips Memilih Kata Sandi Yang Tepat dan Efektif


Berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika membuat kata sandi:

Jika Anda serius ingin melindungi data pada komputer, pastikan kata sandi yang digunakan adalah yang terbaik dan kuat. Sebuah password yang kaut dan aman biasanya melibatkan dua kata unik atau lebih, serta sering tidak berhubungan antara keduanya ditambah beberapa angka.

Dua kata unik sangat dianjurkan sekali karena program peretas kata sandi biasanya hanya membaca kamus dan daftar nama umum.

Kata-kata yang tidak berhubungan satu sama linnya, atau tidak masuk akal merupakan kata-kata paling cocok digunakan untuk membuat password. Misalnya, kata sandi "merahputih" cukup mudah ditebak karena mungkin mengacu pada bendera Indonesia, akan lebih baik "merahberisik" kata "merah" tidak ada hubungannya dengan kata "berisik". Hal tersebut membuat kata sandi kuat karena susah ditebak.

Menambahkan angka pada kata sandi sangat baik dilakukan, karena angka-angkat itu menambahkan elemen ketidakpastian sebuah kata sandi. Dan sebaiknya tidak menggunakan angka yang berkaitan dengan tanggal lahir Anda, alamat rumah atau yang lainnya.

Hindari menggunakan simbol atau karakter khusus selain angka dan huruf dalam membuat password di PC Anda. Pada sebagian sistem tidak mengijinkan sebuah karakter selain huruf dan angka.

Ketika Anda kesulitan mengingat kata sandi Anda, tuliskan, tetapi jangan pada catatan yang di komputer Anda! Tulis di kalender dapur Anda atau di buku alamat Anda. Dan sebaiknya tulislah secara acak agar tidak semua orang bisa membacanya.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda