25/09/19

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Terbukti Ampuh !

cara-mengatasi-laptop-lemot


Angops : Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10. Laptop lemot atau lambat memang menyebalkan, mengurangi produktifitas dalam mengerjakan tugas ataupun kerjaan.

Jika kamu juga termasuk orang yang memiliki masalah laptop lemot khususnya untuk Windows 10, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Karena disini Angops akan mengupas tentang penyebab laptop jadi lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot atau Lambat


Berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat komputer Windows melambat kinerjanya :


  • Laptop / PC hidup terlalu lama tanpa reboot
  • Memori hard drive terlalu penuh
  • PC terserang virus / malware
  • Driver lama tidak diupdate
  • Program latar belakang terlalu banyak yang aktif
  • Prosesor / komputer terlalu panas
  • OS Windows belum update
  • Kegagalan hardware
  • Dan masih banyak penyebab lainnya.
Baca juga :


Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot


1. Restart komputer


Langkah pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi komputer lambat adalah dengan melakukan restart pc, terkadang ini bisa mengembalikan kinerja komputer menjadi normal.

2. Nonaktifkan program / layanan yang tidak penting


Banyak sekali program dan layanan yang memanjakan di Windows 10, namun tidak begitu penting. Walaupun begitu program tersebut tetap berjalan dilatar belakang, sehingga bisa memperlambat laptopmu.

Untuk mematikannya buka Taks Manager : klik kanan ikon Windows > pilih Taks Manager, pilih tab Service dan matikan service yang tidak diperlukan.
solusi-untuk-laptop-lemot

3. Mematikan fitur Transparancy


Fitur ini sebetulnya untuk mempercantik tampilan Windows 10 saja, tapi disatu sisi juga menyita kinerja laptop. Mematikan fitur ini juga bisa mempercepat performa komputer Windows kamu.

Caranya klik kanan ikon Windows > pilih Personalization > Colors > pada bagian More options matikan Transparency effects (off).
cara-atasi-laptop-lambat



4. Hapus virus / malware


Jika kamu curiga virus menjadi penyebab laptop melambat maka bisa melakukan pemindaian virus dan malware menggunakan software antivirus yang kamu miliki.

Atau kamu bisa mencoba mengilangkan virus dengan Command promt, ketikan perintah dibwah ini :

attrib B: *. * / D / s -h -r -s  dan Enter [ganti huruf B dengan lokasi drive dikomputer kamu]

Pastikan command promt berjalan sebagai administrator. Hati-hati menjalankan perintah diatas jika kamu belum begitu memahami tentang perintah Command promt, lebih aman menggunakan anti virus.

Baca juga :
Cara Masuk Safe Mode Windows 10 Lengkap + Gambar

5. Uninstall program yang tidak terpakai


Membuang program yang tidak digunakan juga membantu mengurangi beban prosesor saat komputer hidup, ini tentu sangat membantu dan efektif sehingga laptop jadi berjalan dengan lebih cepat.

Caranya klik kanan ikon Windows > pilih Apps and Features > muncul jendela baru, dibagian kanan gulir kebawah dan klik software yang dirasa tidak penting kemudian Uninstall.

cara-mengatasi-laptop-lemot-windows-10

6. Bersihkan file sampah


Membersihkan file sampah juga terbukti dapat meningkatkan kinerja laptop, sebab banyak orang yang terkadang lama tidak membersihkan Windows mereka dari file sampah. Kamu bisa menggunakan software pihak ketiga untuk menghapusnya seperti CCleaner.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi laptop lemot pada Windows 10. Jika cara-cara diatas tidak berhasil membuat laptop kamu normal maka langkah terbaiknya bisa bertanya ke teman yang ahli dibidang komputer atau bawa ke service senter.