Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10 Mudah ! - ANGOPS

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10 Mudah !

Mengatur kecerahan layar komputer memang perlu dilakukan jika terasa terlalu terang. Disamping silau oleh mata juga bisa merusak mata.

Di artikel ini Angops akan memberikan panduan cara mengatur kecerahan layar komputer Windows 10. Silahkan baca sampai akhir untuk mengetahui caranya, dan ikuti intruksinya.

Cara Mengatur Kecerahan Monitor Laptop Windows 10


Terdapat tiga cara untuk men-setting kecerahan layar komputer yang akan dibahas di panduan ini. Untuk bisa mengatur kecerahan layar atau monitor di laptop Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikuti ini.

1. Atur Kecerahan Layar PC Windows 10 Lewat Screen Brightness


Untuk bisa mengatur kecerahan dengan Screen brigtness ikuti langkah-langkah berikut :


  1. Masuk ke Control Panel, bisa lewat Star menu atau lewat Search Windows
  2. Selanjutnya pilih Hardware and Sound
  3. Selanjutnya pilih Power options > dibagian bawah terdapat Screen brightness, geser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan (terang) dan geser ke kiri untuk mengurangi kecerahan (redup).

cara-mengatur-kecerahan-layar-komputer-windows-10

Catatan :
Jika Screen brightness tidak muncul, mungkin komputer Anda belum terinstal driver VGA.

2. Atur Kecerahan Layar Windows 10 Display Brightness


Ikuti langkah-langkah berikut ini :


  1. Masuk ke Setting, klik kanan ikon Windows / Star menu
  2. Pilih Setting > System > Display 
  3. Pada Brightness and color atur Change brightness, geser ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar komputer dan geser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan.

cara-mengatur-kecerahan-layar-laptop-windows-10



3. Mengatur Kecera Layar Windows 10 lewat Action Center


Cara terakhir untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer di Windows 10 adalah melalui Quick Action, iktui langkahnya seperti dibawah ini :


  1. Tekan tombol Windows + A untuk membuka Action Center, akan muncul Quick Action di layar sebelah kanan. Klik Expand jika menu Quick Action terlihat sedikit.
  2. Atur kecerahan dengan klik ikon matahari dengan angka persen, setiap klik akan meningkatkan kecerahan layar 25% dan akan kembali ke 0% jika diklik lagi saat ada di kecerahan maksimum.

cara-mengatur-kecerahan-layar-windows-10


Terkadang pada laptop tertentu sudah disediakan tombol untuk meningkatkan dan menurunkan tingkat kecerahan layar, silahkan Anda cari sendiri di keyboard laptop Anda.

Itulah langkah demi langkah cara mengatur kecerahan layar komputer di Windows 10 yang bisa Angops berikan. Bagikan ke orang lain agar lebih bermanfaat.


Share this article

Silakan tulis komentar Anda