29/09/19

Device Manager Android Untuk Melacak HP Yang Hilang & Mengamankannya

cara-menggunakan-android-device-manager


Angops : Device Manager Android. Dan di artikel ini Angops akan memberikan cara menggunakan Android Device Manager secara lengkap dan padat. Ikuti langkah demi langkah cara mengamankan smartphone Android kamu dengan Android Device Manager di bawah ini.


Apa itu Android Device Manager?


Android Device Manager atau bisa juga Device Manager Android merupakan aplikasi dari Google yang sangat bermanfaat untuk pengguna hp Android.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak lokasi ponsel yang hilang, menghapus data ponsel dari jarak jauh, melindungi hp saat akan di factory reset dengan paksa, dan bisa mengunci smartphone agar tidak bisa dibuka oleh pencuri.

Fitur-fitur Device Manager Android



  1. Ring : Dengan fitur ini kamu bisa membunyikan ponsel Android yang hilang selama 5 menit dengan volume yang maksimal walaupun hp dalam kondisi cilent atau mode senyap.
  2. Lock : Fitur ini bisa mengunci smartphone yang hilang menggunakan password, sehingga pencuri atau orang yang menemukan hp kamu tidak bisa menggunakannya.
  3. Erase : Fitur erase ini berfungsi untuk menghapus semua data yang ada diponsel, baik berupa video, foto, kontak, aplikasi, dan settingan ponsel, sehingga jika kamu sudah menyerah untuk mencari ponsel yang hilang maka data pentingmu sudah aman. Mungkin fitur ini tidak bisa menghapus data yang tersimpan di SD card. Selain itu, dengan menghapus data pada smartphone maka kamu tidak bisa melacaknya lagi.



Cara Menggunakan Android Device Manager (ADM)


Untuk bisa menggunakan ADM maka kamu harus mengaktifkannya diponsel Android, caranya seperti berikut:

Pada umumnya Android Device Manager pada perangkat Android terbaru sudah dalam kondisi aktif saat baru pertama dibeli. Tapi untuk fitur remot jarak jauh dan mengunci hp dan menghapus data dari jarak jauh harus diaktifkan sendiri.

Cara mengaktifkannya adalah lewat Menu utama pilih Google Settings > Security > dan pastikan Remotely locate this device dan Allow remote lock and erase telah aktif, jika belum maka harus diaktifkan.

Dengan mengaktifkan kedua fitur di atas maka kamu telah mengijinkan Google untuk melacak lokasi perangkat Android kamu dan mengijinkan Google untuk mengunci serta menghapus semua data yang ada pada ponsel.


Cara Melacak HP yang Hilang Menggunakan Android Device Manager


Dengan menginstall Andrid Device Manager kamu bisa melacak lokasi ponsel yang hilang dengan mudah, cukup menggunakan browser di laptop atau komputer dekstop lainnya, atau melalui perangkat Android.

Untuk cara melacak smartphone yang hilang dengan ADM juga sangat mudah cukup masuk ke halaman https://www.google.com/android/devicemanager menggunakan akun Google yang sama di ponsel Android yang hilang.

Ponsel yang hilang akan dilacak melalui website ADM dan kamu akan mendapatkan lokasinya secara lengkap dan kapan terakhir kali hp aktif.

Tips Menggunakan Android Device Manager


Untuk mendapat hasil yang maksimal dari ADM maka ada beberapa hal yang mesti dilakukan.

  1. Pastikan Android kamu sudah tersinkronisasi dengan akun Google atau email
  2. PAstikan paket data atau internet diaktifkan
  3. Pastikan GPS aktif dan izinkan Google mendapat info lokasi smartphone kamu
  4. Ijinkan ADM untuk melacak ponsel (aktif secara default)
  5. Ijinkan ADM untuk menghapus data ponsel (secara default belum aktif, harus diaktifkan)
  6. Selalu kunci ponsel kamu dengan password, pola, atau dengan sidik jari

Pada Android 5.0 Lolipop sudah mendukung Factory Reset Protection, fitur ini dapat mencegah sembarang orang melakukan factory reset smartphone karena harus melakukan verifikasi menggunakan akun Google yang sama pada ponsel tersebut.

Demikianlah cara menggunakan Android Device Manager, semoga bisa membantu pengguna Android yang sedang membutuhkan. Dengan melakukan persiapan secara maksimal untuk mengamankan smartphone maka akan meminimalisir kerugian yang diakibatkan karena kehilangan ponsel.