Baru Upgrade ke iOS 13? Lakukan 5 Setting ini Segera! - ANGOPS

Baru Upgrade ke iOS 13? Lakukan 5 Setting ini Segera!

pengaturan-penting-di-ios-13


Angops : 5 pengaturan iOS 13 yang penting dilakukan. Tahukah kamu jika saat ini panggilan tidak dikenal bisa ditolak di perangkat iPhone, tentu hal ini sangat baik untuk menghindari penipuan melalui panggilan telpon. Ini adalah salah satu dari beberapa fitur baru di iOS 13 untuk iPad dan iPhone.

Lakukan pengaturan penting di iOS 13 jika kamu baru mengupgrade iPhone mu dari versi sebelumnya, ikuti langkah demi langkahnya di bawah ini.


Pengaturan Penting di iOS 13


Nonaktifkan Shake-to-Undo



Shake to undo merupakan fitur untuk membatalkan tulisan yang salah saat sedang mengetik hanya dengan menggoyangkan prangkat iPhone saja. Tapi terkadang fitur ini mengganggu bagi sebagian orang karena bisa muncul bukan hanya saat menulis chat saja, tapi dibeberapa fitur lain di iPhone, nah di iOS 13 kamu bisa mematikannya dengan cukup mudah yaitu :

Arahkan ke Setting atau pengaturan > Aksesibilitas > tap dan geser "Shake to Undo" ke posisi mati (ke kiri).

Dan cara terbarunya adalah seperti di bawah ini :

  • Ketuk dua kali layar dengan tiga jari, atau
  • Menggeser ke kiri pada layar dengan tiga jari

Baca juga :
Cara Membuat Album Foto Sendiri Dengan Apple Photos


Mengaktifkan Dark Mode Secara Otomatis


dark-mode-ios-13

Di iOS 13 ini pengaturan mode gelap bisa diaktifkan secara otomatis, sehingga saat matahari tenggelam maka yang aktif adalah dark mode dan ketika pagi yang aktif adalah mode terang. Cara mengaturnya seprti di bawah ini :

Masuk ke Setting > Display & Brightnes untuk beralih ke Dark Mode, jangan lupa aktifkan Automatic agar Dark Mode aktif sendiri saat malam tiba.

Pengaturan ini sama seperti pengaturan Hight Shift saat malam tiba dan mematikannya saat sudah pagi. Selain itu pengguna juga bisa mengaktifkan jadwal khusus untuk pengaturan ini.

Selain menjaga mata agar tidak sakit, Dark Mode ini juga bisa menghemat masa pakai baterai terlebih untuk perangkat dengan layar OLED (seperti di iPhone X, iPhone XS, dan iPhone 11 Pro). Ini karena OLED mematikan piksel saat menampilkan warna hitam ketika Dark Mode aktif.

Tolak Panggilan dari Nomor Tak di kenal



Pengaturan ini berfungsi untuk menolak semua panggilan yang tidak dikenal alias nomor tidak terdaftar di kontak iPhone, cara mengaturnya seperti di bawah ini.

Masuk ke Settings > Phone > Silence Unknown Callers.

Jika ada panggilan dari nomor tak dikenal maka iPhone tetap diam dan nomor akan dimasukan ke daftar telpon terakhir setelah mendapat voicemail.

Izin Akses Data Lokasi Baru


Fitur ini berguna untuk relevansi data aplikasi dalam menyuguhkan layanan terbaik mereka, seperti di Facebook untuk menemukan Wi-Fi dan teman terdekat. Pengguna dapat mengaturnya dengan cara :

Masuk ke Setting > Location Services dan gulir ke bawah untuk melihat daftar aplikasi yang meminta akses lokasi. Ketuk aplikasi mana yang di izinkan atau tidak, terdapat 4 pengaturan yang bisa diterapkan Never, Ask Next Time, While Using the App, dan Always.

Sebaiknya pilih pengaturan sesuai jenis aplikasi saja, sebagai contoh untuk Maps pengguna bisa pilih Always, While Using the App untuk aplikasi yang sering dibuka seperti Instagram dan Twitter.

Kontrol Aplikasi Yang Bisa Mengakses Bluetooth


Terkadang ada aplikasi yang mengakses bluetooth di latar belakang untuk menampilkan iklan yang relevan di iPhone pengguna, dan saat ini di iOS 13 pengguna bisa mengontrolnya dengan mudah tanpa harus mematikan fitur bluetooth.

Masuk ke Settings > Privacy > Bluetooth, dan tentukan aplikasi mana yang dibolehkan mengakses bluetooth.

Sebaiknya hanya ijinkan aplikasi yang memang benar-benar penting saja untuk keamanan dan kenyamanan kamu.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda