Cara Menggunakan Find My iPhone Untuk Cari iPhone Yang Hilang - ANGOPS

Cara Menggunakan Find My iPhone Untuk Cari iPhone Yang Hilang

cara-menggunakan-find-my-iphone

Pada tutorial ini akan dibahas cara menggunakan Find my iPhone untuk mencari perangkat iPhone yang hilang karena lupa menaruh sembarangan atau karena dicuri, dan alasan lainnya. Apple telah melengkapi produknya dengan fitur Find my iPhone atau cari iPhone saya untuk menemukan perangkat yang hilang.

Bukan hanya itu, Find My iPhone bisa juga digunakan untuk menemukan perangkat Apple yang lain seperti Mac, iPad, Apple Watch, iPod touch, dan AirPods jika perangkat tersebut dicuri atau hilang. Dan dalam panduan ini hanya akan membahasa penggunaan Find My iPhone untuk mencari iPhone yang hilang.

Ikuti langkah demi langkah bagaimana cara mengaktifkan find my iPhone, dan cara gunakan fitur ini untuk menemukan perangkat iPhone yang hilang. Find my iPhone ini hanya bisa digunakan untuk iOS 8 ke atas.


Cara Mengaktifkan Find My iPhone


Agar bisa digunakan, fitur Find My iPhone harus diaktifkan terlebih dulu di perangkat kalian dengan cara seperti di bawah ini.

  • Klik menu Setting pada home screen iPhone > ketuk Apple ID > pilih iClod.
  • Jika belum memiliki Apple ID maka bisa pilih opsi Creat a new Apple ID dan ikuti petunjuk pembuatannya. Untuk pengguna iOS 10.2 ke bawah, bisa masuk ke menu iCloud langsung setelah Setting.
  • Pada menu iCloud cari dan pilih aplikasi Find My iPhone > aktifkan dan ketuk tombol Send last location hingga warna tombol menjadi hijau.

Dengan mengaktifkan Find My iPhone, maka fitur ini juga diaktifkan secara otomatis pada aksesoris Apple lainnya  seperti pada AirPods dan Apple Watch.


Cara Menggunakan Find My iPhone


Jika fitur Find My iPhone sudah berhasil diaktifkan, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencari iPhone yang hilang:
  • Kunjungi dan buka situs icloud.com > sign in dengan Apple ID dan password.
  • Atau gunakan perangkat iOS lainnya untuk mencari iPhone yang hilang, dengan mendownload aplikasi Find My iPhone di App Store > install dan jalankan untuk mencari perangkat yang hilang.
  • Buka menu Find My iPhone > klik All Devices > klik iPhone yang akan dicari.
  • Setelah itu akan terlihat lokasi iPhone yang hilang di layar, titik hijau menunjukan perangkat sedang online dan titik abu-abu menunjukan perangkat sedang offline atau mati.

Bila perangkat iPhone yang hilang dalan kondisi mati atau baterai iPhone habis, maka titik pada map tersebut menunjukan lokasi terakhir iPhone tersebut berada.


Cari dan Temukan Perangkat iPhone


Jika iPhone kalian sedang online, klik titik tersebut. Untuk mencari iPhone kalian ada tiga opsi yang ditawarkan yaitu:

Bila perangkat iPhone dalam kondisi online, kilk titik yang ditunjukan di map. Terdapat tiga opsi untuk menemukan iPhone yang hilang dalam kondisi ini.

  1. Play Sound, agar nada dering pada iPhone berbunyi sehingga bisa membantu menemukan perangkat. Pastikan kalian dalam jarak yang dekat dengan perangkat yang hilang.
  2. Lost Mode, pilih opsi ini jika perangkat iPhone dicuri atau hilang dan mungkin sudah ditemukan orang lain. Dengan memilih opsi lost mode, perangkat iPhone akan terkunci dan menampilkan nomor kontak pemilik di bagian lock screen, serta melacak lokasi iPhone tersebut.
  3. Erase iPhone, ini adalah pilihan terakhir jika kedua opsi diatas tidak bisa kalian kawatir iPhone tidak bisa ditemukan. Opsi ini akan menghapus semua data pada perangkat iPhone yang hilang sehingga data penting seperti nomor rekening, Apple Pay, dan lainnya tidak jatuh ke orang tak bertanggung jawab. Konsekuensinya perangkat iPhone tersebut juga tidak bisa lagi dilacak menggunakan fitur Find My iPhone.

Bila iPhone Dalam Keadaan Mati


Bila perangkat iPhone yang hilang dalam kondisi offline atau mati, pengguna masih bisa menggunakan fitur Find My iPhone seperti di atas. Dan saat iPhone hidup atau online maka opsi Find my iPhone bisa berjalan.

Itulah langkah-langkah cara gunakan Find my iPhone pada perangkat Apple untuk mencari iPhone yang hilang. Sebaiknya tidak menghapus perangkat iPhone dalam kondisi offline atau mati, hal ini akan membatalkan semua opsi yang dipilih pada panduan di atas.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda