01/12/19

Cara Backup Semua Data Android Dengan Titanium

cara-backup-semua-data-android-dengan-titanium


Dalam panduan backup data Android ini ditujukan untuk HP yang sudah di root menggunakan software Titanium. Melakukan back up smartphone Android yang sudah diroot memiliki kelebihan seperti bisa mencadangkan ROM Android, backup semua system dan aplikasi termasuk history chat WhastApp, email, dan lainnya. Sehingga pengguna saat mengganti ponsel baru maka sudah otomatis login email, WA dan aplikasi lainnya.

Di bawah ini cara melakukannya.


Cara Backup Semua Data Android Dengan Software Titanium


Aplikasi Titanium merupakan software backup data Android yang sudah terpercaya dengan berbagai fitur yang menarik. Diantaranya bisa memilih aplikasi apa saja yang akan di cadangkan, dan hampir bisa untuk membackup semua jenis data Android.

Selain itu, Titanium juga sangat mudah digunakan untuk restore data Android, seperti apa cara melakukan backup dan restore data Android menggunakan aplikasi Titanium ini? Ini dia caranya :


  1. Pertama download aplikasi Titanium di Google Play Store
  2. Instal dan jalankan aplikasi Titanium di ponsel Android, ijinkan akses root yang diminta
  3. Untuk membackup data Android, tap menu Backup and Restore
  4. Akan tampil daftar aplikasi dan data Android, tap ikon ceklist (kotak kecil) > pilih "Backup All user Apps + System Data"
  5. Kemudian tap Run untuk mulai proses pencadangan
  6. Tunggu sampai proses pencadangan selesai, file hasil pencadangan akan disimpan dalam memory internal (dengan nama Titanium backup.
Untuk bisa menyimpan backup data Android ke Google Drive atau penyimpanan ekternal maka harus menggunakan Titanium premium atau yang berbayar.

Cara Restore Data Android dengan Titanium


Setelah berhasil membuat file backup pada langkah di atas, dan suatu saat ingin memulihkan atau restore HP Android dengan file backup tersebut bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.


  1. Pada HP Android buka dan jalankan aplikasi Titanium
  2. Tap menu Backup and Restore
  3. Tap ikon ceklist (kotak kecil) > gulir ke bawah dan tap "Restore all user Apps + System Data"
  4. Kemudian tap Run untuk mulai proses restore atau pemulihan
  5. Tunggu proses restore sampai selesai

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakan aplikasi Titanium versi berbayar dengan harga sekitar Rp. 82.000,-

Nah, itulah cara melakukan backup semua data di Android menggunakan aplikasi Titanium pada HP yang telah di root. Langkah-langkah di atas mungkin akan sedikit berbeda pada ponsel yang berbeda, tapi secara umum langkah utamanya sama oleh karena itu silahkan disesuaikan dengan ponsel kalian.

Selamat mencoba.