Sejarh Android dan Pengertiannya dari Awal Lengkap - ANGOPS

Sejarh Android dan Pengertiannya dari Awal Lengkap

sejarah-android-pengertian-android


Angops.com : Pengertian dan Sejarah Android. Pengen tahu sejarah sistem operasi Android dari awal sampai sekarang? Jika iya maka kamu sedang membaca artikel yang tepat, karena di sini akan diulas secara singkat, padat, tapi lengkap mengenai asal mula berdirinya Android yang sangat populer saat ini.

Sejarah awal Android


Android merupakan sistem operasi yang dirancang untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone dan tablet komputer, dengan Linux sebagai basis sistemnya. Awal dikembangkan oleh Android Inc. pada Oktober 2003 berlokasi di Palo Alto - Calofornia, didirikan oleh Andy Rubin, Nick Sears, Rich Miner, dan Chris White.

Baca juga :
Cara Menghapus Aplikasi di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Pendiri Android 


Perusahaan Android Inc. didirikan oleh empat orang Andy Rubin (pendiri Danger), Nick Sears (mantan VP T-Mobile), Rich Miner (pendiri Wildfire Communications, Inc.), Chris White (kepala desain, dan pengembangan antarmuka WebTV) pada tahun 2003. Belum berganti tahun Andy Rubin sudah kehabisan uang, akhirnya dipinjami uang tunai oleh teman akrabnya Steve Perlman dan tidak mau diberi tawaran saham Android.

Di beli oleh Google


Sebetulnya sejak awal pengembangan Android sudah didanai oleh Google, namun pada 17 Angustus 2005 secara resmi dibeli oleh Google. Walaupun sudah dibeli pihak Google pendiri Android tetap bekerja di perusahaan kecuali Nick Sears. Setelah di akuisisi tidak banyak informasi mengenai kelanjutan Android Inc.

Sejarah Rilis Pertama Android


Android pertama kali dirilis pada 5 November 2007 berbarengan dengan didirikannya Open Handset Alliance (OHA) yaitu pengembang standar terbuka untuk perangkat seluler. Saat itu, kernel Linux yang digunakan adalah versi 2.6 dan perangkat seluler komersil pertama yang menggunakan sistem Android adalah HTC Dream yang rilis pada 22 Oktober 2008.

Sejarah Ulang tahun Android


Pada tanggal 5 November 2007 dirilis Android Beta yaitu versi prakomersial kedua setelah versi pertama Android Alpha. Dan software development kit (SDK) nya diluncurkan pada 12 November 2007. Sehingga pada tanggal 5 November inilah dirayakan sebagai hari ulang tahun untuk Android.

Versi Android Lama sampai yang terbaru :
  1. Android Cupcake
  2. Android Donut
  3. Android Eclair
  4. Android Froyo
  5. Android Gingerbread
  6. Android Honeycomb
  7. Android Ice Cream Sandwich
  8. Android Jelly Bean
  9. Android KitKat
  10. Android Lollipop
  11. Android Marshmallow
  12. Android Nougat
  13. Android Oreo
  14. Android Pie
Itulah sejarah singkat lengkap dan padat tentang Android. Jangan lupa share ke orang lain ya, agar mereka tahu sejarah perangkat Android yang saat ini mereka gunakan.

Baca juga :
Device Manager Android Untuk Melacak HP Yang Hilang & Mengamankannya


Share this article

Silakan tulis komentar Anda