Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android - ANGOPS

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD di Android

cara-memindahkan-aplikasi-ke-memori-eksternal-microsd


Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di HP Android? Pertanyaan ini sering muncul karena banyak pengguna Android yang kehabisan memori internal mereka, sehingga tidak bisa menginstal aplikasi baru. Menggunakan SD card adalah solusi yang mudah untuk menambah kapasitas penyimpanan jika HP Anda memiliki slot kartu SD.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama, maka bisa mengikuti panduan ini sampai selesai untuk mendapatkan solusinya. Dalam panduan ini Anda akan belajar cara memindahkan aplikasi dari memori internal Android ke kartu SD baik di HP Samsung, Vivo,  Xiomi, Oppo, dan merek ponsel lainnya.

Cara Memindahkan Aplikasi ke kartu SD di Android


Sebelum masuk ke pembahasan ada baiknya Anda mengetahui dulu hal penting yang perlu diketahui sebelum menggunakan kartu SD. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD di HP Android. Penting diketahui bahwa setiap versi Android memiliki langkah yang berbeda untuk memindahkan aplikasi ke SD card.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD di Android 9.0 Pie


Jika HP Anda tidak mendukung fitur Adobtable Storage, yaitu fitur untuk mengatur memori eksternal menjadi memori internal. Maka langkah terbaik untuk memindahkan aplikasi adalah melakukannya secara manual, tapi perlu diingat bahwa aplikasi yang sudah terinstal tidak bisa dipindahkan dengan metode ini.

Di HP Android Anda, masuk ke Settings / Pengaturan > Apps & notifications > App info.
Cari dan pilih aplikasi yang akan Anda pindahkan dari daftar yang terlihat.
Kemudian, pilih Storage. Bila aplikasi ini bisa dipindahkan ke SD card, maka akan ada tombol Change (ketuk tombol tersebut).
Pilih kartu SD yang terlihat di kotak dialog Change storage, ketuk Move saat pesan konfirmasi muncul.
Selesai.

Jika suatu saat kartu SD akan dilepas, untuk mengembalikan data aplikasi ke memori internal hanya perlu mengulangi langkah-langkah seperti di atas. Hanya saja, saat langkah terakhir pilih Internal shared storage.

Memindahkan data aplikasi ke memori eksternal di Android 8.0 Oreo


Proses pemindahan app ke SD card di Android 8.0 ini hampir sama dengan memindahkan aplikasi di Android 9.

Masuk ke Pengaturan  > pilih Aplikasi & pemberitahuan > Info aplikasi .
Gulir ke bawah untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD, ketuk untuk memilihnya.
Pilih Penyimpanan. Jika aplikasi bisa dipindahkan ke memori eksternal, Anda akan melihat penyimpanan yang digunakan. Kemudian tekan tombol Change.
Pilih kartu SD untuk yang akan digunakan untuk memindahkan data aplikasi, dan ketuk Move.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda