Cara Mengubah Memori Eksternal Menjadi Internal Android (SD Card)

cara-mengubah-memori-eksternal-menjadi-internal-xiomi


Memori internal HP Android Anda terlalu kecil dan cepat penuh? Jika ponsel Anda memiliki slot kartu SD maka menambah memori bisa lebih mudah. Dan Anda bisa mengubah memori eksternal menjadi internal di Android menggunakan SD card tersebut.

Penasaran bagaimana cara mengubah SD card atau MicroSD menjadi memori internal ponsel Android Anda? Jika tertarik, Anda bisa mengikuti panduan ini sampai selesai untuk bisa menyulap memori eksternal menjadi penyimpanan internal HP Android Anda.

Penting, Sebelum Menggunakan SD card di Android


Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu SD di perangkat Android, ada beberapa pion penting yang sebaiknya Anda perhatikan lebih dulu.
  • Aplikasi jadi lebih lambat jika dinstal di kartu SD, terlebih aplikasi yang berat seperti game online multi user (seperti game Free Fire, PUBG, Mobile Legends). Sebaiknya yang diinstal di kartu SD adalah aplikasi ringan saja.
  • Pilih kartu SD yang tepat untuk ponsel Android Anda, lihat cara memilih SD Card sesuai kebutuhan.
  • Cek juga keaslian kartu SD, karena banyak kartu SD palsu yang rentan rusak dan membahayakan data Anda jika disimpan didalamnya.
  • Beberapa kasus membuktikan ada aplikasi yang sudah terinstal di memori internal tidak bisa dipindah ke kartu SD.
Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan SD card untuk memori internal HP Android Anda. Mari lihat cara mengatur MicroSD atau SD card menjadi memori internal di Android.

Cara mengubah Memori Eksternal Menjadi internal Android (kartu SD/MicroSD)


Pada Android Marshmallow dan yang lebih baru, pengguna Android bisa mengatur SD Card menjadi penyimpanan internal ponsel. Fitur ini disebut Adobtable Storage, sangat memudahkan Anda yang ingin menambah kapasitas memori ponsel. Langsung saja lihat langkah-langkah mengaturnya seperti di bawah ini.

cara-mengubah-memori-eksternal-menjadi-internal-android


  1. Sebaiknya backup dulu data dalam kartu SD, karena akan terhapus dalam proses ini.
  2. Masukan SD card ke ponsel, tap Set up saat notifikasi muncul.
  3. Pilih Phone Storage di Android 9, atau Use as Internal Storage untuk versi Android yang lebih lama.
  4. Atau Anda bisa mengaturnya lewat Settings > Storage, ketuk SD card dan pilih Storage Settings > Format as internal.
  5. Kemudian, pilih Format SD card, atau Erase & Format. Data di kartu SD akan terhapus.
  6. Untuk pengguna Android 9 ke atas, Anda akan ditawari untuk memindahkan data ke SD card (termasuk aplikasi). Jika memutuskan untuk memindahkan konten ke kartu SD, ketuk Move Content untuk menyelesaikan proses ini.

Fitur Adobtable Storage ini mengharuskan kartu SD tertanam secara permanen di ponsel Android Anda. Selain itu, kartu ini juga tidak bisa digunakan di HP lain untuk menyimpan data atau file karena proses mengubah SD card menjadi memori internal membuat kartu SD terenkripsi.

Salah satu kelemahan fitur ini adalah tidak semua produsen ponsel Android menyediakannya, sehingga jika ponsel Anda tidak memiliki fitur adobtable storage maka Anda harus memindahkan data secara manual.

Semoga bermanfaat.