Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi? Ini Solusinya - ANGOPS

Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi? Ini Solusinya

layar-sentuh-iphone-tidak-berfungsi


Memang tidak menyenangkan jika iPhone kita tiba-tiba mengalami masalah, misalnya layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian atau malah keseluruhan.

Bagaimana caranya mengatasi masalah touchscreen iPhone yang tidak berfungsi sebagian dan tidak berfungsi keseluruhan? Lihat pembahasan Angops dalam panduan singkat ini sampai selesai.

Penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi


Jika mengalami masalah fungsionalitas pada touchscreen di perangkat iPhone tentu ada penyebabnya, dengan mengetahui penyebab tersebut Anda bisa mengantisipasi masalah ini. Berikut beberapa penyebab layar sentuh iPhone tidak responsif atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.


  • Layar smartphone iPhone Anda kotor atau berminyak.
  • Perangkat iPhone hang karena terlalu berat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan (multitasking).
  • Salah satu atau beberapa aplikasi bermasalah.
  • Penyimpanan iPhone penuh tanpa ada ruang kosong sedikitpun.
  • Touchscreen retak.
  • Tangan atau jari Anda kotor, ini juga sering menyebabkan masalah layar sentuh iPhone tidak responsif


Cara mengatasi layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi sebagian


Biasanya penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian karena adanya salah satu aplikasi yang bermasalah. Langkah terbaik tentu Anda harus mengeceknya, dan melihat perbedaan responsifitasnya.

Coba buka dan jalankan aplikasi lain di iPhone Anda dan jika aplikasi lain berjalan normal, maka kemungkinan ini hanya terjadi pada satu aplikasi saja. Solusinya copot aplikasi yang bermasalah dan install ulang aplikasi tersebut, biasanya ini bisa memperbaiki permasalahan layar sentuh tidak responfin sebagian di iPhone Anda.

Solusi touchscreen iPhone tidak responsif karena layar kotor, jari kotor, dan berminyak


Terkadang memegang dan menggunakan smartphone setelah makan memang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, bahkan sebelum mencuci tangan mereka. Ini juga bisa jadi sumber masalah layar sentuh di HP Anda tidak responsif.

Solusi untuk sumber masalah ini tentu Anda harus membersihkan layar iPhone Anda. Gunakan lap yang lembut dan bersih untuk membersihkan layar smartphone Anda, pastikan juga layar bersih dari minyak sisa makanan, debu, dan kerak kotoran lain yang menempel.

Lakukan Hard Reset 


Terkadang perangkat iPhone yang terlalu dipaksakan untuk melakukan tugas yang berlebih akan menyebabkan hang atau error. Layar hanya diam tidak merespon tindakan yang Anda lakukan, walaupun sudah melakukan tap berkali-kali di layar sentuh iPhone.

Solusinya, Anda bisa melakukan hard reset smartphone iPhone Anda. Solusi ini cukup simpel dan sederhana, tapi biasanya cukup ampuh mengatasi masalah layar tidak berfungsi di perangkat iPhone.

Kosongkan Memori iPhone


Memori perangkat iPhone yang sudah terlalu penuh, bahkan sampai nol persen memori tanpa menyisakan sedikitpun ruang kosong akan sangat membebani smartphone Anda. Dan ini juga bisa menjadi penyebab berbagai masalah di iPhone termasuk touchscreen tidak berfungsi.

Solusinya Anda harus mengosongkan sebagian ruang di memori iPhone. Anda bisa memeriksanya lewat Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Penyimpanan & Penggunaan (Storage & Usage) > Kelola penyimpanan (Manage Storage). Sisakan ruang kosong atau free space di memori iPhone sampai ratusan MB atau beberapa GB, ini bisa memulihkan masalah layar sentuh yang tidak responsif.

Touchscreen Retak


Jika perangkat iPhone Anda pernah terjatuh, mungkin bisa menyebabkan bermacam kerusakan seperti layar yang retak. Ini bisa menjadi penyebab touchscreen iPhone Anda tidak berfungsi sebagian atau bahkan secara keseluruhan.

Sebaiknya bawa smartphone iPhone Anda ke service center Apple di kota Anda, atau bawa ke tempat service ponsel yang terpercaya. Untuk tempat service yang terpercaya, biasanya memiliki testimoni yang baik dari pelanggan mereka dan mereka bisa memberi garansi service dalam beberapa masa.

Layar sentuh iPhone masih tidak berfungsi? Sebaiknya direstore


Jika layar sentuh iPhone Anda masih tidak berfungsi atau tidak responsif sama sekali, mungkin perlu melakukan restore dengan bantuan iTunes. Pastikan Anda membuat backup terlebih dulu dan mencadangkannya di iCloud. Biasanya ini juga berhasil mengatasi masalah layar yang tidak responsif.

Namun, jika iPhone tidak merespon karena stuck di logo Apple saja, ini adalah masalah yang berbeda. Anda perlu menanganinya dengan cara yang berbeda juga.

Nah, itulah solusi yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah layar iPhone tidak berfungsi sebagian atau keseluruhan. Tapi jika semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, mungkin sudah saatnya Anda membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan Apple terdet di kota Anda.





Share this article

Silakan tulis komentar Anda