Cara Memperkecil Ukuran Video / Compress Video

cara-memperkecil-ukuran-video-kompres-video


Bagaimana cara memperkecil ukuran video yang besar? Mengurangi ukuran video menjadi lebih kecil memang sering dibutuhkan, terutama jika akan dikirim ke orang lain baik lewat email atau lewat platform komunikasi online lainnya. Ini karena terdapat batas maksimal ukuran video yang ditetapkan oleh masing-masing pkatform tersebut.

Untuk memperkecil ukuran video bisa dilakukan dengan beberapa cara, mengonversinya ke format video lain, mengkompres ukuranya, atau memotong beberapa bagian video yang tidak begitu penting. Berikut ini pembahasan lebih lengkapnya.

Mengkonversi video ke format video lain


Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengurangi ukuran file video adalah mengubah format video ke format video yang lain. Misalnya format video AVI diubah ke format video MPEG-4 (.mp4), format video AVI biasanya memiliki ukuran yang besar karena kualitasnya yang bagus jika dibanding dengan format mp.4. Ini akibat pengurangan ukuran video, sehingga format MPEG-4 memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Sebaiknya Anda backup atau copy file asli sebelum memutuskan untuk mengkonversi video Anda ke format lain. Beberapa konverter online bisa Anda coba untuk mengurangi ukuran video yang diinginkan.

Kompres video 


Metode kedua yang bisa Anda lakukang untuk memperkecil ukuran video yaitu dengan mengkompresnya. Anda bisa menggunakan layanan kompres video online yang bisa dicari di internet dengan mudah, atau bisa coba layanan kompres video gratis dari Clipchamp untuk mengubah ukuran video jadi lebih kecil.

Anda hanya perlu mengunggah video yang akan diperkecil ukurannya, kemudian setelah proses kompresi video selesai Anda tinggal mengunduhnya dengan ukuran video yang sudah dikurangi ukurannya.

Potong dan buang bagian yang kurang penting


Cara ketiga ini sebetulnya kurang efisien, karena Anda harus memotong dan membuang beberapa bagian video yang dirasa tidak begitu diperlukan. Ini bisa mengurangi ukuran video walaupun tidak secara besar. Dan untuk mempraktikan metode ketiga ini Anda membutuhkan aplikasi edit video untuk memotong file video tersebut.

Anda bisa menggunakan software editing video populer yang banyak digunakan seperti Adobe Premier Pro, Camtasia atau editor video lainnya. Anda bisa melihat daftar software editing video yang bagus dalam artikel Angops yang lainnya.