Cara Merekam Suara MP3 dari YouTube - ANGOPS

Cara Merekam Suara MP3 dari YouTube

Jika kamu ingin mendownload atau merekan audio dari video YouTube maka ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Anda bisa download audio YouTube secara online menggunakan layanan situs pihak ketiga atau mengunduhnya dengan aplikasi lewat laptop.


Catatan
Pada artikel ini Angops hanya fokus pada cara menyimpan audio dari video YouTube saja, jika Anda ingin mendownload video secara keseliruhan bisa lihat caranya di artikel download video YouTube ke laptop

Cara merekam Suara MP3 dari YouTube dengan Audacity


cara-merekan-suara-mp3-dari-youtube


Jika Anda ingin merekam audio secara manual, atau hanya membutuhkan segmen suara video, Anda dapat menggunakan perangkat lunak Audacity gratis untuk merekam audio. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Catatan 
Jika komputer Anda memiliki kartu suara terintegrasi, Anda tidak akan bisa merekam audio streaming. Karena itu, langkah-langkah di bagian ini tidak akan bekerja di laptop Anda. Sebaiknya gunakan layanan online untuk mendapatkan audio mp3 dari YouTube seperti pada artikel cara download lagu mp3 dari YouTube yang Angops tulis sebelumnya.


1. Langkah pertama download Audacity dari situs resminya.
2. Lalu install Audacity dan jalankan dikomputer Anda.
3. Buka Audacity menggunakan pintasan di desktop Anda, atau jalankan dari menu Start Anda.
4. Di bagian menu di bagian atas Audacity, klik Edit > lalu Preferences.
5. Di Preferensi, pilih Devices > Recording.
6. Di bawah Devices: cari opsi Stereo Mix. Jika Stereo Mix tidak tersedia, kemungkinan dinonaktifkan.

Untuk mengaktifkannya:
  • Buka Control Panel di komputer Anda dan klik Hardware and sound, lalu ikon Sound di jendela Control Panel.
  • Di jendela Sound, klik tab Recordingklik kanan di area kosong di tab itu, dan pilih Show Disabled Devices yang dinonaktifkan dari menu drop-down.
  • Perangkat Stereo Mix sekarang akan terlihat. Klik kanan pada perangkat itu dan pilih Enable.


Catatan
Jika opsi Stereo Mix masih belum tersedia, kemungkinan karena komputer Anda memiliki sound card terintegrasi. Stereo Mix tidak tersedia dengan kartu suara terintegrasi dan Anda tidak dapat mengunduh audio streaming dari video YouTube. Anda bisa download audio YouTube dengan youtube-dl, atau gunakan situs online untuk convert video YouTube ke mp3.

7. Klik OK untuk menyimpan perubahan pengaturan suara.
8. Bila Audacity terbuka saat Stereo Mix diaktifkan, tutup saja lalu buka kembali. Harusnya saat ini Stereo Mix sudah ada di daftar Perangkat Perekaman (Recording Devices list).

Tips
Anda dapat memilih pengaturan di langkah empat dan lima di jendela program Audacity utama juga. Ada empat daftar drop-down yang terletak di atas tengah jendela program. Daftar drop-down kedua dari kiri adalah untuk Perangkat Perekaman (memiliki ikon mikrofon di sebelah kiri itu). Pilih Stereo Mix dalam daftar drop-down ini.


Pengaturan Rekaman di Audacity



  1. Saat masih dalam Preferensi , pilih 2 (Stereo) di daftar drop-down Saluran untuk mengaktifkan suara stereo.
  2. Klik OK ketika Anda sudah mantap dengan pengaturan Anda.
  3. Buka video YouTube yang ingin Anda rekam. Tapi jika Anda memiliki koneksi internet yang cepat, Anda bisa melakukan streaming video langsung di YouTube.
  4. Setelah video Anda dimuat, klik tombol rekam (lingkaran merah) di Audacity, lalu kembali ke video YouTube dan klik putar. Saat video diputar, Anda akan melihat aksi di bagian gelombang suara di Audacity. Setelah selesai merekam, klik tombol stop (kotak abu-abu gelap) di Audacity.


Tips
Merekam dengan cara di atas menyebabkan bagian di awal rekaman menjadi kosong tanpa suara. Untuk menghapus bagian audio kosong itu, sorot dengan mengklik dan menyeret mouse Anda, lalu tekan tombol hapus di keyboard Anda untuk menghapus segmen kosong. Anda juga dapat mengaktifkan opsi Perekaman Berbasis Suara di Audacity untuk menghilangkan bagian audio yang kosong.

Setelah Anda selesai merekam, klik File > pilih Export > lalu pilih Export as MP3. Pastikan file MP3 masuk dalam daftar drop-down Save as type. Pilih lokasi untuk menyimpan file MP3, masukkan nama file, dan klik Save.

Nah, itulah bagaimana cara merekam suara mp3 dari YouTube menggunakan software Audacity yang bisa didapatkan secara gratis. Namun tetap berkualitas dan mampun menjadi software editor audio yang bagus.

Catatan
Untuk versi Audacity yang lebih lama, Anda mungkin perlu menginstal dukungan file MP3 LAME untuk menyimpan audio yang direkam sebagai file MP3. Lihat bagian di bawah untuk informasi tambahan.


Baca juga:

Share this article

Silakan tulis komentar Anda