Cara menggerakan kursor mouse dengan keyboard di laptop Mac OS - ANGOPS

Cara menggerakan kursor mouse dengan keyboard di laptop Mac OS

cara-klik-kanan-dengan-keyboard-di-mac-os


Setelah kemarin Angops membahas cara melakukan klik kanan dengan keyboard di laptop Windows, kini giliran membahas klik kanan menggunakan keyboard di MacOS.

Jadi untuk pengguna Mac OS tidak perlu kawatir jika suatu saat mousenya sedang rusak atau mengalami masalah bisa mempraktikan trik ini. Ini karena laptop Mac juga memiliki fitur aksesibilitas yang memungkinkan user menggunakan pointer melalui tombol keyboard.


Cara menggunakan klik kanan di Mac OS


Melakukan klik kanan di laptop Mac menggunakan keyboard tidak sama dengan metode yang digunakan di komputer Windows, cara mengaturnya seperti di bawah ini.

Untuk mengaktifkan fitur mouse key Mac OS (Catalina):


  • Klik tombol menu Apple.
  • Pilih Preferensi Sistem.
  • Pilih Aksesibilitas.
  • Sekarang klik Pointer Control.
  • Klik Metode Kontrol Alternatif.
  • Aktifkan Tombol Mouse.


Atau Anda bisa mengaktifkan Mouse key dengan cepat dan mudah menggunakan Option + Command + F5 atau jika perangkat Mac Anda memiliki tombol Touch ID, maka bisa menekan tombol tersebut tiga kali berturut-turut.

Karena pada umumnya keyboard perangkat Apple seperti laptop Mac dan Magic Keyboard tidak memiliki pad khusus angka seperti di kebanyakan keyboard Windows, maka bisa menggunakan tombol berikut untuk menggerakan mouse sesuai petunjuk resi Apple.

cara-menggerakan-kursor-mouse-dengan-keyboard-di-mac-os


Huruf "I" dan angka "5" berfungsi seperti klik kiri di mouse. "M" dan angka "0" berfungsi seperti drag and drop di mouse. Dan tombol titik di keyboard berfungsi untuk melepaskan mouse.


Klik kanan menggunakan keyboard di Mac OS


Jika Anda pengguna Mac, mungkin sudah tahu bahwa apa yang disebut "klik alternatif" tidak diatur secara default. Jadi, jika Anda mencoba mengklik kanan dengan keyboard di luar kotak pada Mac, well, tidak ada yang terjadi.

Di perangkat MacOS ada yang disebut dengan "alternate click" yang bisa berfungsi untuk melakukan sesuatu yang mirip dengan klik kanan pada komputer Windwos. Di Mac disebut dengan klik sekunder, dan untuk mengaktifkannya bisa dengan cara di bawah ini.

Melakukan klik kanan di Mac dengan Trackpad Apple

Anda bisa menggunakan trackpad Multi-Touch internal atau Magic Trackpad, caranya klik atau ketuk dengan dua jari Anda.

klik-kanan-di-mac-os


Sedangkan untuk mengatur klik sekunder (klik kanan) dan fitur trackpad lainnya, bisa pilih menu Apple > kemudian Preferensi Sistem, lalu pilih Trackpad.

Melakukan klik kanan di Mac dengan mouse

Jika Anda menggunakan Mighty Mouse atau Magic Mouse, maka bisa klik tombol mouse sebelah kanan.

klik-sekunder-di-mac-os


Tapi jika perangkat input Anda tidak memiliki tombol untuk klik kanan, maka bisa melakukannya secara manual dengan menekan tombol Control + clik untuk menghasilkan klik sekunder.

Share this article

Silakan tulis komentar Anda